Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan dan Pelatihan Wawasan Kebangsaan Berbasis Virtual Classroom / Andi Ahmad
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan model pembelajaran wawasan kebangsaan menggunakan virtual classroom bagi Pegawai Negeri di Pendidikan dan Pelatihan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R and D). Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model Step of System Approach Model Of Educational Research And Development Dick and Carey dan model pengembangan Lee & Owen. Pengembangan model pembelajaran pendidikan dan pelatihan ini telah dilakukan evaluasi formatif, dengan prosedur yang harus dilaksanakan. Penilaian para pakar, evaluasi one to one dengan peserta mendapat nilai rata-rata 3,9 hasil kesimpulan bahwa memenuhi keterbacaan dan bisa digunakan. Evaluasi small group dengan 8 peserta mendapat nilai rata-rata (3,88) dan bahan pembelajaran layak digunakan, dan evaluasi field trial dengan 15 peserta dihasilkan nilai rata-rata (4,46) yang dapat disimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran wawasan kebangsaan berbasis virtual classroom layak digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran wawasan kebangsaan menggunakan virtual learning pada hasil field trial sangat baik, dan dapat menarik perhatian bagi peserta pendidikan dan pelatihan untuk dapat mengikuti proses pembelajaran dalam wawasan kebangsaan dengan rata-rata nilai 4,46 dengan skala 1-5. Hasil penilaian yang dilakukan sebelum dan sesudah pembelajaran wawasan kebangsaan berbasis virtual classroom meningkat 31% melihat hasil uji coba lapangan menandakan pengembangan wawasan belajar menggunakan virtual learning dapat digunakan dalam proses pembelajaran wawasan kebangsaan. Efektivitas pembelajaran wawasan kebangsaan menggunakan virtual classroom berhasil mengembangkan kognigtif wawasan kebangsaan dengan perolehan nilai thitung sebesar 10,02 lebih besar dari pada ttabel 0,69. Hal ini artinya model pembelajaran wawasan kebangsaan berbasis virtual learning terbukti efektif. Kata kunci: Model Pembelajaran, Virtual Classroom,
Availability
2024000260and | TP/sin AND 2023 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin AND 2023
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
28 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
cet.1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available