No image available for this title

Text

Peningkatan Keterampilan Menulis Makalah Ilmiah Melalui Model Pembelajaran Workshop dan Kolaborasi/ Musaljon



Pengetahuan kebahasaan tidaklah cukup dalam kemampuan menulis makalah ilmiah. Model pembelajaran yang selama ini diterapkan sebelumnya tidak cukup berhasil dalam meningkatkan kemampuan menulis makalah ilmiah di STKIP Muhammadiyah Bogor. Model pembelajaran yang tepat sangat diperlukan guna meningkatkan kemampuan menulis mahasiswa. Penelitian ini muncul dari permasalahan riil yang dihadapi dalam proses pembelajaran dan lalu direfleksikan dan lalu dicari alternatif pemecahan masalahnya untuk ditindaklanjuti dengan tindakan nyata yang terencana dan terukur. Penelitian ini bertujuan menganalisis penerapan model pembelajaran workshop dan kolaborasi dalam rangka meningkatkan kemampuan menulis makalah ilmiah mahasiswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa S1 jurusan pendidikan Bahasa Indonesia, STKIP Muhammadiyah Bogor semester 3 tahun ajaran 2018/2019 di kota Bogor. Data dikumpulkan dengan mengamati aktivitas belajar siswa, sedangkan tes dilakukan untuk mengukur kemampuan mahasiswa dalam menulis makalah ilmiah. Analisis deskriptif dilakukan untuk menganalisis kegiatan belajar mahasiswa dan kemajuan kemampuan menulis makalah ilmiah mereka. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran workshop dan kolaborasi dapat meningkatkan kemampuan menulis makalah ilmiah mahasiswa. Penekanan pada aspek kemandirian dan kerjasama dalam model pembelajaran ini merupakan sesuatu yang jarang dilakukan, dan penelitian ini membuktikan dapat meningkatkan kemampuan menulis makalah mahasiswa dan kenyamanan mereka dalam pembelajaran menulis akademik


Availability

2024000514musLT/sin MUS 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/sin MUS 2023
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
28 hlm :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this