No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbantuan Mobile Learning untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama



Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis kelayakan, dan
efektivitas Model Pembelajaran IPS berbantuan Mobile Learning Untuk Siswa
Sekolah Menengah Pertama. Penelitian menggunakan metode Research &
Development (R&D), penelitian pengembangan yang dilakukan
mengkombinasikan model Borg and Gall, Dick and Carey dan model Hannafin and
Peck. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran IPS berbantuan mobile
learning yang dinamakan Model SINAU. Evaluasi formatif yang dilakukan
melibatkan one-to-one expert (ahli materi, ahli desain instruksional, ahli media, dan
ahli bahasa),one-to-one user (tiga siswa), small group (sembilan siswa), dan field
trial (30 siswa), hasil evaluasi formatif menunjukkan bahwa model ini layak
digunakan dalam pembelajaran. Analisis efektivitas model pembelajaran IPS
Berbantuan Mobile Learning (Model Sinau) menunjukkan adanya peningkatan
hasil belajar siswa dari rata-rata 54 pada pretest menjadi 90 pada postest. Hasil uji
t yang dihitung dengan menggunakan SPSS untuk skor pretest dan posttest
pemahaman konsep materi didapatkan nilai t hitung 20,393 lebih besar dari nilai t
tabel 1,669. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat
perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest yang artinya ada
pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran yang
dikembangkan sebelum dan sesudah pembelajaran. Perhitungan n-gain skor tes
sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran
IPS berbantuan mobile learning (Model Sinau) efektif digunakan dalam
pembelajaran. Model pembelajaran IPS berbantuan mobile learning (Model Sinau)
menjadi alternatif pembelajaran IPS dengan memanfaatkan teknologi.
Kata Kunci : Model pembelajaran, Pembelajaran IPS, mobile learning


Availability

2024000591bekTP/sin BEK 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin BEK 2024
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
44 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this