No image available for this title

Text

Manajemen Kurikulum Bimbingan Belajar (Studi Kasus pada Bimbingan Belajar A Kota Bekasi)/ Hasto Kuncoro Adi



Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan manajemen kurikulum di
Bimbingan Belajar A Kota Bekasi yang meliputi perencanaan kurikulum, pelaksanaan
kurikulum, dan evaluasi kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus.
Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Enam
langkah penelitian studi kasus Yin digunakan dalam penelitian ini, yaitu plan, design, prepare,
collect, analyze, dan share. Analisis data menggunakan validitas data dengan membandingkan
seluruh data yang diperoleh dengan tiga teknik pengumpulan: mengklasifikasikan data
berdasarkan pertanyaan penelitian, penggabungkan data yang diperoleh dalam bentuk tabel,
dan membuat simpulan berdasarkan data yang telah diperoleh. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa perencanaan kurikulum di Bimbingan Belajar A Kota Bekasi meliputi penetapan tujuan
lembaga, profil lulusan, capaian pembelajaran, struktur kurikulum, bahan kajian dan struktur
program, beban belajar dan kalender akademik, serta pembagian tugas dan penjadwalan.
Pelaksanaan kurikulum meliputi meliputi sosialisasi kurikulum, proses belajar mengajar,
pelatihan, dan supervisi. Evaluasi kurikulum meliputi evaluasi hasil dan evaluasi proses.
Kata kunci: manajemen, kurikulum, manajemen kurikulum, bimbingan belajar


Availability

T1117MP/ts T1117Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ts T1117
Publisher Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
ix, 164 hlm. : ilus. ; 29 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this