No image available for this title

Text

Pengaruh Project Based Learning dan Ekoliterasi terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa kelas V Sekolah Dasar/ Okky Ayu Setyowati



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh project based learning dan
ekoliterasi terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa Kelas V Sekolah
Dasar. Penelitian dilakukan kepada 40 siswa Kelas V yang berasal dari 2 sekolah
dasar di Kabupaten Kuningan yang dipilih dengan menggunakan teknik cluster
random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen
dengan teknik analisis data menggunakan analisis varians (ANAVA) dua jalur
treatment by level 2 x 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Terdapat perbedaan
keterampilan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang belajar menggunakan project
based learning dengan siswa yang belajar dengan problem based learning; 2)
Terdapat pengaruh interaksi antara model project based learning dan ekoliterasi
terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa; 3) Terdapat perbedaan
keterampilan berpikir tingkat tinggi antara siswa yang belajar menggunakan model
project based learning dengan problem based learning pada kelompok siswa
dengan ekoliterasi tinggi; 4) Terdapat perbedaan keterampilan berpikir tingkat
tinggi siswa yang belajar menggunakan model project based learning dengan siswa
yang menggunakan problem based learning pada kelompok siswa dengan
ekoliterasi rendah. Berdasarkan hasil temuan penelitian dapat disimpulkan bahwa
model Project Based Learning lebih baik diterapkan pada siswa yang memiliki
ekoliterasi tinggi karena dapat memfasilitasi peningkatan keterampilan berpikir
tingkat tinggi, model Problem Based Learning lebih baik pada siswa yang memiliki
ekoliterasi rendah karena dapat memfasilitasi perolehan keterampilan berpikir
tingkat tinggi yang lebih baik.
Kata Kunci; Project Based Learning, Ekoliterasi, Keterampilan Berpikir
Tingkat Tinggi


Availability

T1110PD/ts T1110Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T1110
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
xii, 218 hlm. : ilus. ; 29,5cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this