Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Kecerdasan Emosional, Manajemen Stres dan Kompetensi terhadap Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah SMA Negeri di Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah III Provinsi Jawa Barat/ Yuliana
Penelitian ini terkait dengan bagaimana pengaruh kecerdasan emosional,
manajemen stres dan kompetensi terhadap efektivitas kepemimpinan kepala
sekolah SMA Negeri di Kantor Cabang Dinas Pendidikan (KCD) Wilayah III
Provinsi Jawa Barat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh
kecerdasan emosional, manajemen stres dan kompetensi terhadap efektivitas
kepemimpinan kepala sekolah, mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung
kecerdasan emosional terhadap efektivitas kepemimpinan melalui manajemen
stres, mengetahui pengaruh langsung dan tidak langsung manajemen stres terhadap
efektivitas kepemimpinan melalui kompetensi, mengetahui pengaruh langsung dan
tidak langsung kecerdasan emosional terhadap efektivitas kepemimpinan melalui
manajemen stres dan mengkontruksi model peningkatan efektivitas kepemimpinan
kepala sekolah. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik
sampling jenuh (sensus) yaitu 66 kepala SMA Negeri di KCD wil III. Pegumpulan
data menggunakan kuesioner dan Forum Grup Diskusi untuk konfirmasi hasil
penelitian kepada sampel. Teknis analisis data yang digunakan dalam penelitian
ini diantaranya uji normalitas galat, uji t, uji F, analisis regsresi berganda dan
analisis jalur (Path Analysis). Analisis data dilakukan dengan menggunakan SPSS.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel kecerdasan emosional
memiliki pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas
kepemimpinan, variabel manajemen stres memiliki pengaruh langsung positif dan
signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan, variabel kompetensi memiliki
pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan,
variabel kecerdasan emosional pengaruh langsung positif dan signifikan terhadap
manajemen stres, variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh tidak
langsung dan signifikan terhadap efektivitas kepemimpinan melalui manajemen
stress, variabel kecerdasan emosional memiliki pengaruh tidak langsung terhadap
efektivitas kepemimpinan melalui kompetensi, variabel manajemen stres memiliki
pengaruh tidak langsung terhadap efektivitas kepemimpinan melalui kompetensi
dan telah terkontruksinya model teorik efektivitas kepemimpinan dipengaruhi
kecerdasan emosional, manajemen stres dan kompetensi.
Kata Kunci:Kecerdasan Emosional, Manajemen Stres, Kompetensi, Efektivitas
Kepemimpinan.
Availability
D1316 | MP/ds D1316 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ds D1316
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta., 2024 |
Collation |
xxii, 313 hlm. : ilus. ; 29,5 cm.
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
NONE
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available