No image available for this title

Text

Pengembangan Desain Pembelajaran Matematika Berbasis Teori Van Hiele Materi Geometri untuk Jenjang SMP/GALIH TRESNA NUGRAHA PERKASA



Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan desain pembelajaran matematika pada materi geometri dengan dilengkapi Lembar Kerja Peserta Didik untuk peserta didik SMP kelas 7. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan MPI yang diawali dengan melakukan analisis kebutuhan instruksional melalui tes sederhana sehingga mendapatkan kesenjangan yang terjadi dalam kemampuan geometri sehingga dapat menentukan tujuan instruksional umum, lalu selanjutnya melakukan analisis instruksional dengan mengumpulkan kompetensi apa saja yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran agar mencapai tujuan intruksional umum, selanjutnya mengidentifikasi perilaku dan karakteristik awal peserta didik dengan observasi wawancara dan memberikan kuisioner, selanjutnya mulai untuk merumuskan tujuan pembelajaran, tahapan ke lima menyusun alat tes, mengembangkan strategi instruksional dengan menggunakan pendekatan teori Van Hiele, tahapan terakhir pada penelitian ini mengembangkan bahan instruksional dimana dalam penelitian ini menggunakan LKPD yang telah dikompilasi dari berbagai macam sumber, lalu melakukan evaluasi formatif dengan ahli desain pembelajaran dan ahli materi setelah itu melakukukan uji coba dengan tiga tahapan uji one to one, uji kelompok kecil, dan uji lapangan. Hasil dari uji ahli pada ahli desain pembelajaran, pengembangan desain pembelajaran yang dikembangkan perlu dilakukan penyesuaian dari penjabaran TIU dan TIK, kategorisasi peserta didik, serta susuan pengembangan. Ahli materi secara keseluruhan materi yang disajikan sudah memadai dari sudut pandang materi, namun perlu dilakukan beberapa penyesuaian dari tes dan strategi instruksional. Setelah dilakukan revisi maka desain pembelajaran dapat diujicobakan kepada peserta didik kelas VII SMPN 2 Karawang Timur. Setelah dilakukan revisi yang didapatkan dari evaluasi pada uji coba one to one dan uji coba kelompok kecil hasil uji lpangan didapatkan 76% peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik sehingga dapat dikatakan desain pembelajaran matematika pada materi geometri yang dikembangkan cukup efektif dalam peningkatan kemampuan komunikasi matematis kelas VII SMP


Availability

T1130TP/ts T1130Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ts T1130
Publisher Prodi Magister Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiii, 178 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this