No image available for this title

Text

Pengaruh Minat Belajar dan Kesadaran Sejarah terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta/ /NUSA PENINDA HAKIM



Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh minat belajar dan kesadaran sejarah terhadap hasil belajar sejarah indonesia. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta sejak bulan April sampai dengan bulan Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan pada penelitian sebanyak 531 peserta didik. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 133 peserta didik dengan teknik random sampling. Peneliti mengumpulkan data dengan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai berikut. (1) Minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar sejarah Indonesia dengan hasil penghitungannya yakni nilai thitung sebesar 4,096 > 1,978380405 dan didapatkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Kesadaran sejarah berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar sejarah Indonesia dengan hasil penghitungannya yakni nilai thitung sebesar 6,828 > 1,978380405 dan didapatkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Minat belajar dan kesadaran sejarah berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar sejarah Indonesia dengan hasil penghitungannya yakni nilai Fhitung dan nilai signifikansi dapat diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 65,381 > 3,065839094 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Adapun simpulan dari penelitian yakni sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif signifikan minat belajar terhadap hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan kesadaran sejarah terhadap hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan minat belajar dan kesadaran sejarah terhadap hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta.


Availability

T1129PS/ts T1129Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PS/ts T1129
Publisher Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvii, 153 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PS/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this