Record Detail
Advanced SearchText
Pengaruh Minat Belajar dan Kesadaran Sejarah terhadap Hasil Belajar Sejarah Indonesia Kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta/ /NUSA PENINDA HAKIM
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh minat belajar dan kesadaran sejarah terhadap hasil belajar sejarah indonesia. Penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta sejak bulan April sampai dengan bulan Mei 2024. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian ex post facto. Populasi yang digunakan pada penelitian sebanyak 531 peserta didik. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 133 peserta didik dengan teknik random sampling. Peneliti mengumpulkan data dengan angket dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagai berikut. (1) Minat belajar berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar sejarah Indonesia dengan hasil penghitungannya yakni nilai thitung sebesar 4,096 > 1,978380405 dan didapatkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (2) Kesadaran sejarah berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar sejarah Indonesia dengan hasil penghitungannya yakni nilai thitung sebesar 6,828 > 1,978380405 dan didapatkan signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. (3) Minat belajar dan kesadaran sejarah berpengaruh positif signifikan terhadap hasil belajar sejarah Indonesia dengan hasil penghitungannya yakni nilai Fhitung dan nilai signifikansi dapat diketahui bahwa nilai Fhitung sebesar 65,381 > 3,065839094 dan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05. Adapun simpulan dari penelitian yakni sebagai berikut. (1) Terdapat pengaruh positif signifikan minat belajar terhadap hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta. (2) Terdapat pengaruh positif signifikan kesadaran sejarah terhadap hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta. (3) Terdapat pengaruh positif signifikan minat belajar dan kesadaran sejarah terhadap hasil belajar hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Indonesia kelas XI di SMK Negeri 4 Jakarta.
Availability
T1129 | PS/ts T1129 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PS/ts T1129
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xvii, 153 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PS/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cet.1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available