No image available for this title

Text

Implementasi Karakter Profil Pelajar Pancasila di Kelas IV Sekolah Dasar di SDIT Irsyadul IBAD Pandeglang/MUHAMAD YUSUP



Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan implementasi kurikulum merdeka pada sekolah SDIT Irsyadul ‘Ibad Kabupaten Pandeglang sebagai sekolah penggerak angkatan pertama dalam membentuk karakter profil pelajar pancasila. Metode penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru dan orang tua siswa. Data diperoleh dari hasil dokumentasi, observasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis melalui reduksi, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian diperoleh bahwa implementasi karakter profil pelajar Pancasila tidak hanya melalui kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila tetapi juga melalui pembiasaan/budaya sekolah. Selain itu keberhasilan implementasi karakter profil pelajar Pancasila dipengaruhi oleh kreatifitas dan kompetensi guru dalam pembelajaran berdiferensiasi serta larangan merokok bagi guru secara mutlak. Sekolah memiliki keleluasaan dalam menyusun rencana pembelajaran yang mengacu pada capaian pembelajaran berdasarkan karakteristik peserta didik. Kolaborasi antara kepala sekolah, guru, peserta didik, orang tua, serta masyarakat salah satu faktor penting dalam implementasi kurikulum merdeka.


Availability

1128PD/ts 1128Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts 1128
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xi, 189 hlm. :ilus ;29 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this