Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran IPS Berbantuan Mobile Learning untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama/ BEKTI APRILLIA
Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis kelayakan, dan efektivitas Model Pembelajaran IPS berbantuan Mobile Learning Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Penelitian menggunakan metode Research & Development (R&D), penelitian pengembangan yang dilakukan mengkombinasikan model Borg and Gall, Dick and Carey dan model Hannafin and Peck. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran IPS berbantuan mobile learning yang dinamakan Model SINAU. Evaluasi formatif yang dilakukan melibatkan one-to-one expert (ahli materi, ahli desain instruksional, ahli media, dan ahli bahasa),one-to-one user (tiga siswa), small group (sembilan siswa), dan field trial (30 siswa), hasil evaluasi formatif menunjukkan bahwa model ini layak digunakan dalam pembelajaran. Analisis efektivitas model pembelajaran IPS Berbantuan Mobile Learning (Model Sinau) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari rata-rata 54 pada pretest menjadi 90 pada postest. Hasil uji t yang dihitung dengan menggunakan SPSS untuk skor pretest dan posttest pemahaman konsep materi didapatkan nilai t hitung 20,393 lebih besar dari nilai t tabel 1,669. Berdasarkan perhitungan tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil pretest dengan posttest yang artinya ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan model pembelajaran yang dikembangkan sebelum dan sesudah pembelajaran. Perhitungan n-gain skor tes sebesar 0,79 dengan kategori tinggi. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran IPS berbantuan mobile learning (Model Sinau) efektif digunakan dalam pembelajaran. Model pembelajaran IPS berbantuan mobile learning (Model Sinau) menjadi alternatif pembelajaran IPS dengan memanfaatkan teknologi.
Availability
D1319 | TP/ds D1319 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D1319
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xiv, 308 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cet.1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available