Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Inggris Pariwisata Berbasis Hypermedia
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan model pembelajaran bahasa Inggris pariwisata berbasis hypermedia untuk mengatasi masalah pembelajaran bahasa Inggris. Model dikembangkan melalui penelitian pengembangan (R&D) dengan mengkombinasikan model Dick and Carey, Hannafin Peck dan Allen. Pengembangan model diawali dengan pengumpulan dan analisis data informasi untuk mengetahui permasalahan peserta didik dan konteks serta potensi pengembangan model, dilanjutkan dengan langkah-langkah pengembangan sesuai dengan Dick and Carey. Hypermedia sebagai basis pengembangan model pembelajaran bahasa Inggris dipilih berdasarkan teori bahwa kemampuan bahasa Inggris baik membaca (speaking), mendengar (listening), membaca (reading) dan menulis (writing) dapat meningkat dengan belajar melalui berbagai media teks, audio dan video. Hypermedia pembelajaran bahasa Inggris secara on line yang dapat diakses kapan saja dan dimana saja seperti website, youtube, istagram, face book, dan whatsapps dapat digunakan oleh dosen untuk mengatasi permasalahan pembelajaran bahasa Inggris bidang pariwisata. Model pembelajaran yang dikembangkan dalam penerapannya dilengkapi dengan bahan ajar e-modul berbasis hypermedia yang dapat diakses melalui www.english4tourism.my.id. Evaluasi formatif oleh ahli pembelajaran, media, dan bahasa Inggris untuk pariwisata menunjukkan bahwa model yang dikembangkan dinilai sangat baik. Uji coba satusatu oleh mahasiswa serta evaluasi kelompok kecil menunjukkan bahwa model pembelajaran ini sangat baik dalam hal kejelasan, dampak terhadap peserta didik, dan kelayakan. Uji coba lapangan kepada 37 mahasiswa menunjukkan bahwa model pembelajaran juga santat baik, sesuai dengan tujuan pembelajaran, mudah digunakan dan dipahami, menunjukkan pengalaman belajar, mencukupi untuk materi bahasa Inggris, bermanfaat, dapat mengukur hasil belajar, memberikan feedback, menarik minat belajar, memotivasi, dan mendukung kolaborasi antar siswa. Uji t-test paired sample menunjukkan bahwa model pembelajaran ini efektif, dengan rata-rata nilai pre-test 58,05 dan post-test 70,92, serta capaian kemajuan (gain score) sebesar 12,86. Signifikansi statistik (2-tailed) adalah 0,000
Availability
2024000599anw | TP/sin ANW 2024 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin ANW 2024
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
93 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cet.1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available