No image available for this title

Text

Model Pembelajaran Sekolah Alam dalam Mengembangkan Perilaku Kepemimpinan Anak Usia Dini (Studi Etnografi di TK Alam Al Ghifari Kuningan Jawa Barat)



Kepemipinan merupakan aspek yang dapat dikembangkan sejak anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan menemukan model pembelajaran yang mendukung dalam
perilaku kepemimpinan pada anak usia dini. Penelitian ini adalah untuk menggali
dan memaknai data yang menggambarkan perilaku kepemimpinan pada anak usia
dini. Belum banyak sekolah yang mengembangkan perilaku kepemimpinan dan
bagaimana kepemimpinan berproses melalui kegiatan pembelajaran di sekolah. Hal
ini yang menjadi ketertarikan peneliti untuk mengkaji proses pembelajaran perilaku
kepemimpinan pada anak usia dini. Lokasi penelitian di TK Alam Al Ghifari
Kuningan dengan menggunakan metode etnografi yang melibatkan 15 anak
sebagai subyek. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Analisis data yang digunakan
yaitu model Spradley yang meliputi analisis domain, analisis taksonomi, analisis
komponensial, dan analisis tema kultural. Analisis ini didasarkan pada eksplorasi
kegiatan di sekolah alam yang bertujuan mengembangkan perilaku kepemimpinan
melalui kegiatan outbound, kebun edukasi, dan karyawisata. Temuan penelitian
menunjukan bahwa serangkaian program yang ada di TK Alam Al Ghifari
Kuningan mendukung dalam pengembangan perilaku kepemimpinan diantaranya
sikap percaya diri, harapan, optimis ,dan resiliensi . Kesimpulan dari penelitian ini
bahwa perilaku kepemimpinan anak usia dini dapat dioptimalkan melalui
pengembangan: (1) Kurikulum pembelajaran yang diarahkan kepada perilaku
kepemimpinan, (2) Model pembelajaran sekolah alam membentuk perilaku
kepemimpinan anak, (3) Potensi kepemimpinan yang ada pada diri anak dan (4)
Pola asuh orangtua di lingkungan rumah.
Kata Kunci
Anak Usia Dini, Kepemimpinan, Model Pembelajaran Berbasis Sekolah Alam,
Potensi Diri Anak, Berkembang Dengan Baik.


Availability

2024000612eriPAUD/sin ERI 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/sin ERI 2024
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
19 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
NONE
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this