No image available for this title

Text

Pengembangan Instrumen Lingkungan Pembelajaran Literasi Matematika



Lingkungan pembelajaran literasi matematika merupakan aspek penting yang
dibutuhkan dalam mengembangkan kemampuan literasi matematika siswa, dimana
kemampuan ini adalah salah satu kemampuan yang diukur dalam Asesmen
Kompetensi Minimum (AKM). Untuk mewujudkan lingkungan pembelajaran literasi
matematika dibutuhkan penilaian untuk mengukur lingkungan pembelajaran yang
mengembangkan kemampuan literasi matematika dalam kegiatan pembelajaran
melalui instrumen yang valid dan reliabel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan
instrumen lingkungan pembelajaran literasi matematika yang valid dan reliabel dengan
menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA) dan pendekatan Rating Scale
Model (RSM) dalam analisis datanya. Penelitian ini menggunakan model 4D yaitu
Define, Design, Develop dan Disseminate sebagai tahapan yang digunakan dalam
pengembangan instrumen. Penelitian dilakukan pada siswa kelas delapan di enam
Sekolah Menengah Pertama di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah. Uji coba
terbatas dilakukan pada 264 orang siswa dan pada tahap luas dengan melibatkan 625
siswa. Analisis validitas konstruk dilakukan dengan menggunakan CFA menghasilkan
47 butir yang valid dan nilai Construct Reliability (CR) dan Average Variance
Extracted (AVE) masing-masing sebesar ≥ 0,7 dan ≥ 0,5 sehingga memenuhi kriteria
sebagai instrumen yang reliabel. Pendekatan RSM digunakan untuk menganalisis
karakter butir dan person dengan kriteria outfit 0.5 < MNSQ < 1.5, -2.0 < ZSTD <
+2.0, dan 0.4 < Pt Mean Corr < 0.85. Analisis karakteristik butir menunjukkan
keseluruhan butir cocok atau fit dengan RSM. Butir DG2 memiliki nilai logit tertinggi
sebesar 1.671 yang berarti butir yang memiliki tingkat kesukaran tertinggi. Sebaliknya,
butir RM6 memiliki nilai logit terendah sebesar -1.134 yang berarti butir tersebut
merupakan butir termudah untuk disetujui responden. Pada analisis Mantel Haenszel
untuk mendeteksi bias butir atau DIF, tidak terdapat satupun butir yang terdeteksi DIF.
Hal ini dapat terlihat pada nilai probabilitas tiap butir yang lebih besar dari 0,05. Pada
analisis karakteristik person terdapat 11 responden yang tidak fit dengan model (person
misfit), person measure sebesar -0.07 logit menunjukkan rata-rata nilai seluruh siswa
dalam mengerjakan butir instrumen. Nilai rata-rata yang lebih kecil dari nilai logit 0.0
menunjukkan kecenderungan kemampuan siswa yang lebih rendah dibandingkan
tingkat kesukaran butir. Dengan demikian instrumen yang dihasilkan merupakan
instrumen yang valid dan reliabel dalam mengukur lingkungan pembelajaran literasi
matematika.
Keyword: Lingkungan Pembelajaran Literasi Matematika, Confirmatory Factor
Analysis, Rasch Model, Rating Scale Model.


Availability

2024000600cynPEP/sin CYN 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PEP/sin CYN 2024
Publisher Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,
Collation
45 hlm. : ilus. ; 21 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PEP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this