Record Detail
Advanced SearchText
Pemikiran Peace Education Nicolaus Driyarkara/ HOKKOP FRITLES NABABAN
Peace education adalah sebuah usaha untuk meningkatkan kemampuan masyarakat agar memiliki kemampuan menyelenggarakan kehidupan yang bebas kekerasan. Peace education dirancang untuk menciptakan masyarakat yang memiliki kemampuan mencegah dan merespons konflik secara positif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pemikiran Romo Nicolaus Driyarkara tentang pendidikan perdamaian dan Urgensinya bagi masyarakat Indonesia hari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian histori dengan metode pengumpulan data Studi Pustaka serta analisis data dengan metode hermeneutika dan metode analisis heuristika. Pemikiran pendidikan perdamaian Driyarkara mengaju pada tujuan pendidikan untuk menjadikan manusia muda sebagai sahabat bagi manusia lain dan menjadi manusia yang mampu masuk ke dalam budaya masyarakat secara harmonis dengan jalan homonisasi dan humanisasi. Manusia muda harus memiliki moralitas dan cinta kasih. untuk mencapai tujuan itu dibutuhkan peran orang tua sebagai lembaga primer pendidikan, guru dan sekolah serta peran penting negara dalam pendidikan perdamaian. pendidikan perdamaian ini penting untuk menciptakan manusia muda yang mampu hidup harmonis dengan dirinya sendiri dan dengan masyarakat. Driyarkara tentang pendidikan perdamaian mengingatkan kita bahwa upaya untuk memperkuat nilai-nilai kemanusiaan dan perdamaian harus diawali dengan meningkatkan kualitas pendidikan. Kata Kunci: Peace Eduacation, Driyarkara, Hominisasi, Humanisasi, manusia muda
Availability
T1140 | PS/ts T1140 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PS/ts T1140
|
Publisher | Prodi Magister Pendidikan Sejarah Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xi, 990+...hlm. :lus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PS/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cet.1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available