No image available for this title

Text

Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun : Penelitian eksperimen pada TK Negeri & TK Dharma Wanita Kabupaten Seluma Provinsi Bengkulu./REMALIANTI AGUSTIN



Kemandirian perlu diajarkan sejak dini sehingga anak dapat membantu dirinya sendiri. Kemandirian merupakan perilaku yang dapat memberikan banyak pengaruh positif, sebab kemandirian pada anak akan tampak ketika anak akan melakukan aktivitas sederhana sehari-hari. Kemandirian anak bukanlah sifat pembawaan lahir melainkan melalui proses belajar, dengan demikian pola asuh orang tua sangatlah dibutuhkan. Kemandirian dapat dibentuk melalui berbagai cara salah satunya yaitu penggunaan media pada anak usia dini. Tujuan penelitian ini yaitu melihat pengaruh video pembelajaran terhadap kemandirian anak. Jenis media pembelajaran salah satunya adalah media video pembelajaran. Video Pembelajaran yang dipilih adalah animasi, peneliti ini mengedepankan perilaku-perilaku kemandirian yang bisa ditanamkan dalam kehidupan anak usia dini seperti pembiasaan cara makan, dan pengucapan kata-kata ajaib seperti maaf dan terimakasih. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen, dengan menggunakan 2 kelas sebagai kelas ujicoba dan kelas kontrol. Masing-masing kelas berisikan 15 anak. Penelitian akan dianalisis menggunakan Analisa statistic. Penelitian ini memperoleh temuan bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua yang signifikan terhadap kemandirian anak pada usia 5-6 tahun, dibuktikan dari nilai f hitung sebesar 11,628. Serta terdapat pengaruh interaksi yang signifikan antara pola asuh orang tua dan penggunaan media pembelajaran yaitu penggunaan video pembelajaran dan hanya media konvensional, dibuktikan dengan nilai f hitung sebesar 60,629. Kombinasi antara penggunaan video pembelajaran yang efektif dan pola asuh yang mendukung dapat memberikan hasil yang optimal dalam meningkatkan kemandirian anak.. Interaksi antara pola asuh orang tua dan penggunaan media pembelajaran sangat penting untuk menciptakan lingkungan belajar yang holistik, mendukung, dam efektif bagi perkembangan kemandirian anak usia dini. Kata Kunci : Kemandirian, Media Pembelajaran, Animasi, Pola Asuh


Availability

T1143PAUD/ts T1143Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PAUD/ts T1143
Publisher Prodi Magister Pendidikan Anak Usia Dini Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 233 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PAUD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this