No image available for this title

Text

Pengembangan Modul IPS Berbasis Literacraft untuk Meningkatkan Responsibility of Environment Behavior Siswa Kelas V SD/SITI RAVI'AH



Permasalahan yang terjadi pada siswa kelas V Sekolah Dasar terkait dengan pengetahuan dan pemahaman mereka tentang lingkungan serta kesadaran mereka tentang pentingnya menjaga kelestarian lingkungan. Penelitian ini difokuskan pada siswa kelas V Sekolah Dasar, dan membahas pengembangan modul berbasis literacraft sebagai solusi dalam meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa tentang lingkungan serta meningkatkan responsibility of environment behavior siswa. Penelitian ini menggunakan metode R&D dengan model ADDIE yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Penelitian di SDN 09 Sungai Nanam, data didapatkan dari wawancara, tes, dan angket. Hasil validasi ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi menunjukkan modul termasuk kategori sangat baik. Uji coba small Group Evaluation dengan 5 siswa didapatkan rerata 78,3% termasuk dalam kategori baik. Uji coba field Evaluation dengan 20 siswa didapatkan rerata 95,1% termasuk dalam kategori sangat baik, sikap siswa dengan 28 siswa didapatkan rerata 94,3% termasuk dalam kategori sangat baik. Uji T menunjukkan perbedaan signifikan dalam perilaku tanggung jawab lingkungan sebelum dan sesudah menggunakan modul. Uji N-Gain menunjukkan peningkatan rerata 61,3% termasuk dalam kriteria sedang. Kata Kunci: Literacraft; Responsibility of Environment Behavior; Siswa Kelas V SD


Availability

T1133PD/ts T1133Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T1133
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xii, 177+...hlm :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this