No image available for this title

Text

Kolaborasi Lembaga Pendidikan dengan Masyarakat Industri dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar: Studi kasus di Prodi Fisika Universitas Negeri Jakarta/RINA BERLIANA



Posisi kolaborasi kini menjadi inti kebijakan publik dibuat, dikelola, dan disebarkan karena merupakan salah satu faktor pendukung keberhasilan suatu organisasi/institusi. Pendidikan tinggi yang juga merupakan organisasi memiliki tujuan untuk menghasilkan lulusan yang siap untuk “dipakai” maka demikian perlu perealisasian pembelajaran yang aplikatif. Adapun salah satu cara untuk melangsungkannya ialah dengan melakukan kolaborasi bersama masyarakat industri. Di Indonesia posisi Industri mampu menerima banyak tenaga kerja karena merupakan salah satu sektor usaha terbanyak. Dengan melakukan kolaborasi bersama masyarakat industri memberikan peluang terciptanya lulusan kreatif yang handal dalam bidangnya bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Sejak awal 2020 semua pendidikan tinggi di Indonesia tak terkecuali Universitas Negeri Jakarta bersama dengan Prodi Fisikanya telah mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajar dengan harapan adanya kemudahan dalam melangsungkan kolaborasi bersama masyarakat industri. Setelah peneliti melangsungkan penelitian dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus didapati informasi bahwa hingga 3 tahun belakang ini prodi Fisika UNJ menjadi memiliki banyak relasi dengan masyarakat industri dibandingkan sebelumnya karena pemerintah pusat memberikan akses melalui portal agar keduanya dapat bertemu langsung. Sebelumnya prodi Fisika menganalisis kebutuhan, memahami prosedur dalam berkolaborasi, dan melakukan persiapan baik dari segi organisir sumber daya manusia maupun sumber daya alamnya. Tidak lupa juga lulusan prodi Fisika diberdayakan untuk meningkatkan jumlah masyarakat industri yang hendak diajak kolaborasi. Berhubung kurikulum Merdeka Belajar baru digalakkan kurang lebih 3 tahun, maka peneliti selanjutnya bisa mengembangkan penelitian ini dengan mengambil tema tentang evaluasi. Kata kunci: Kolaborasi Pendidikan Tinggi, Masyarakat Industri, Kurikulum Merdeka Belajar


Availability

T1137MP/ts T1137Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ts T1137
Publisher Prodi Magister Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xi, 162 hlm.:ilus ;29,8 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this