No image available for this title

Text

Model Pembelajaran Menulis Bahasa Indonesia Berbasis Technology Integrated Metaphorming: Penelitian pengembangan di SMP Labschool Kebayoran YP-UNJ/ /YATI SUWARTINI



MODEL PEMBELAJARAN MENULIS BAHASA INDONESIA BERBASIS TECHNOLOGY INTEGRATED METAPHORMING (Penelitian Pengembangan Di SMP Labschool Kebayoran) Yati Suwartini Lingustik Terapan ABSTRAK Menulis bagi peserta didik membutuhkan kemampuan berpikir kreatif yang perlu dikemas dalam sebuah model pembelajaran. Menulis cerita pendek merupakan salah satu kegiatan menulis kreatif. Penelitian terkait peningkatan keterampilan menulis dengan model pembelajaran metaphorming berbantuan teknologi masih jarang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran menulis bahasa Indonesia berbasis technology integrated metaphorming yang valid, praktis, dan efektif. Proses pengembangan model ini mengacu pada Model Plomp yang terdiri dari tiga tahap, meliputi: preliminary research, prototyping phase, dan assessment phase. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan 5 (lima) instrumen, yaitu 1) instrumen analisis kebutuhan, 2) instrumen analisis kondisi, 3) instrumen validasi (telaah pakar), 4) instrumen praktikalitas, dan 5) instrumen menulis cerita pendek. Data diperoleh dalam bentuk hasil survei, hasil telaah dokumen, hasil wawancara, nilai keterampilan menulis siswa, data validitas, data praktikalitas, dan data efektivitas. Selanjutnya, data-data tersebut dielaborasikan dengan teknik analisis statistik deskriptif dengan berbantuan SPSS. Uji coba lapangan dilakukan di SMP Labschool Kebayoran. Penelitian ini menghasilkan model pembelajaran menulis bahasa Indonesia yang dilengkapi dengan tiga produk penunjang, yaitu e-book guru, e-book siswa, dan instrumen menulis cerita pendek. Hasil analisis validitas dan praktikalitas menunjukkan bahwa model pembelajaran yang dikembangkan telah memenuhi kriteria valid dan sangat praktis. Lebih lanjut, hasil uji t pada data pretest dan postest menunjukkan perbedaan rata-rata keterampilan menulis cerita pendek peserta didik yang signifikan secara statistik (p-value


Availability

D1327LT/ds D1327Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D1327
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 327 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this