Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Bahan Ajar Membaca Teks Editorial Berbasis Literasi Digital Sebagai Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di SMK/NUR ROHMAWATI
Bahan ajar merupakan sesuatu yang digunakan dalam pembelajaran untuk mendukung terwujudnya tujuan pembelajaran. Pembuatan bahan ajar harus sesuai dengan kebutuhan pengguna. Untuk mengetahui kebutuhan tersebut, perlu adanya analisis kebutuhan agar keharusan, kekurangan, dan keinginan dapat teridentifikasi. Jika kebutuhan sudah diketahui, maka pengembangan bahan ajar dapat dilakukan. Fokus penelitian ini adalah pengembangan bahan ajar membaca teks editorial berbasis literasi digital sebagai bentuk implementasi kurikulum merdeka di SMK. Penelitian merupakan penelititan research and development model Borg and Gall. Penelitian ini dilakukan untuk memenuhi kebutuhan bahan ajar peserta didik SMK Ksatrya kelas XII (Fase F) yang menginginkan adanya bahan ajar bermuatan teks, video, mudah diakses, dan dapat digunakan di mana saja. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan sangat layak untuk digunakan berdasarkan validari ahli materi, media, dan pengajar bahasa Indonesia kelas XII, serta dapat digunakan tanpa revisi. Sementara itu, hasil uji lapangan terbatas (field testing) terhadap 36 peserta didik menunjukkan bahwa bahan ajar ini layak digunakan dengan perbaikan kecil. Kata Kunci: Membaca, Editorial, Literasi Digital, Bahan Ajar
Availability
T1152 | LT/ts T1152 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
LT/ts T1152
|
Publisher | Prodi Magister Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xvii, 223 hlm.:ilus ;29,5cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
LT/ts
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cet.1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available