No image available for this title

Text

Strategi Kepemimpinan Digital dalam Meningkatkan Research and Innovation Culture : Studi kasus di Univerisitas Sebelas Maret/CHYTA ANINDHYTA



Penelitian ini menganalisa strategi kepemimpinan digital dalam meningkatkan Research and innovation Culture. Fokus penelitian adalah pembahasan mengenai strategi kepemimpinan digital dalam meningkatkan research and innovation culture. Sub-fokus penelitian meliputi: (1) Pemikiran pemimpin digital (digital mindset leader); (2) Kreativitas pemimpin digital (digital leader creativity); (3) Visi digital pemimpin (Digital vision leader); (4) Rasa ingin tahu pemimpin digital (Digital Inquisitive Leader); (5) Pemimpin mendalam digital (digital profound leader); (6) Konstruksi naskah strategi kepemimpinan digital dalam meningkatkan Research and innovation Culture dengan menguji keterbacaan, kepraktisan, koherensi dan relevansinya. Penelitian ini dilakukan kepada civitas academica UNS dengan pemilihan sampel menggunakan snowball random sampling. Penelitian ini menggunakan mixed method sequential-exploratory design dimana merupakan penggabungan metode kualitatif sebagai tahap pertama (70%) dan metode kuantitatif (30%) sebagai tahap kedua. Teknik dan prosedur pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan digital dalam meningkatkan research and innovation culture di Universitas Sebelas Maret Surakarta telah dilaksanakan UNS dimana meliputi: (1) Pemikiran pemimpin digital (digital mindset leader) Tergambar pada 5 pilar kebijakan Rektor UNS sejalan dengan garis besar RENSTRA Penelitian UNS 2020-2024 dimana tertuang pada Program Kerja LPPM pada poin 2 yang terfokus di akselerasi riset dan publikasi serta poin 4 fokus pada konektivitas akselerasi penguatan literasi data dan ICT yang diimplementasikan melalui pengembangan website IRIS 1103 ( https://iris1103.uns.ac.id/ ); (2) Kreativitas pemimpin digital (digital leader creativity) dengan membangun Channel Youtube GradTalk UNS yang memfasilitasi digitalisasi dalam pembudayaan Riset dan Inovasi yang ada di UNS; (3) Visi digital pemimpin (Digital vision leader) didirikannya Direktorat Inovasi dan Hilirisasi yang concern pada pengembangan dan pemanfaatan ilmu pengetahuan; (4) Rasa ingin tahu pemimpin digital (Digital Inquisitive Leader) melalui dibuatnya aplikasi SIPSMART dalam tracking riset dan inovasi sehingga dapat diakses kapan saja dan dimana saja secara realtime; (5) Pemimpin mendalam digital (digital profound leader) dengan kehadiran program roadshow produk riset yang tertuang pada RENSTRA Bisnis Penelitian UNS 2020-2024 dan kehadiran mata kuliah Eksperimen di tiap program studi dan wajib mendapatkan satu pembimbing dalam mata kuliah riset tersebut dengan goals publikasi dan harus diselesaikan maksimal di semester 7; (6) Pengembangan strategi yaitu INTELLIGENCHYTA yang sudah teruji keterbacaan, kepraktisan, koherensi dan relevansi dimana menunjukkan kategori sangat baik dan layak digunakan karena skor rata – rata hasil penilaian ≥ skor atas bawah cut off point.


Availability

D1351MP/ds D1351Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds D1351
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xvi, 486hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this