No image available for this title

Text

Pengaruh Desain Instructional Ipas Terintegrasi Pendidikan Lingkungan dan Keterampilan Kolaborasi terhadap Literasi Lingkungan/ ONY WIDYASTUTI



Penelitian ini mengkaji pengaruh desain instruksional IPAS terintegrasi pendidikan lingkungan dan keterampilan kolaborasi terhadap literasi lingkungan peserta didik. Menggunakan metode eksperimen dengan rancangan faktorial 2x2, penelitian melibatkan 180 siswa Kelas V dari tiga sekolah di Jakarta Pusat. Hasil penelitian menunjukkan: (i) adanya perbedaan nyata dalam literasi lingkungan antara peserta didik yang diajarkan dengan DI.IPAS.TPL dan MAIPAS pada tingkat signifikansi 0,05, dengan rerata skor literasi lingkungan 85,50 pada DI.IPAS.TPL; lebih tinggi bila dibandingkan dengan MAIPAS; 76,56; (ii) terdapat perbedaan nyata antara peserta didik dengan keterampilan kolaborasi tinggi dan rendah pada 0,05; dengan rerata skor literasi lingkungan 85,22 pada peserta didik dengan keterampilan kolaborasi tinggi, lebih tinggi bila dibandingkan dengan keterampilan kolaborasi rendah; 67,72; (iii) tidak ditemukan pengaruh nyata dari interaksi antara perangkat pembelajaran dan keterampilan kolaborasi terhadap literasi lingkungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa interaksi antara perangkat pembelajaran dan keterampilan kolaborasi tidak memberikan pengaruh nyata secara keseluruhan, meskipun ada perbedaan nyata dalam beberapa kondisi


Availability

T1153PL/ts T1153Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PL/ts T1153
Publisher Prodi Magister Pendidikan Lingkungan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
253 hlm: ilus :29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PL/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this