No image available for this title

Text

Peran Professional Learning Community (PLC) pada Pengembangan Profesionalisme Guru dalam Literasi Saintifik Guru Madrasah Ibtidaiyah/ NOVIANTI MUSPIROH



Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan dan mengkonstruksi peran PLC dalam pengembangan professional guru Madrasah Ibtidaiyah pada literasi saintifik di Kota Cirebon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif Grounded Theory. Informan penelitian berjumlah 29 guru, Kepala Madrasah Ibtidaiyah, Koordinator Kelompok Kerja Pengawas Guru Madrasah Ibtidaiyah, Ketua dan Sekretaris Kelompok Kerja Guru Tahun 2019/2020 serta Dosen di Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri (PTAIN). Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam. Data dianalisis melalui tiga langkah kerja Strauss dan Corbin, serta dibantu NVivo 12. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran PLC dalam pengembangan profesionalisme guru dapat meningkatkan kompetensi. Namun demikian dalam penyelenggaraanya harus ada komitmen dari guru dan pengurus PLC. Kegiatan pengembangan profesionalisme harus berdasarkan pada kebutuhan guru. Terdapat banyak kendala internal dan eksternal dalam penyelenggaraan kegiatan. Tahapan kegiatan membutuhkan regulasi, koordinasi, kolaborasi, dan kerjasama dengan banyak pihak. Pengembangan profesionalisme guru melalui PLC didominasi oleh kegiatan Pendidikan Agama Islam dan integrasi nilai-nilai keagamaan pada berbagai materi kegiatan.


Availability

T1355PD/ts T1355Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D1355
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xi, 204 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this