No image available for this title

Text

Bahan Ajar DILEMMA-STEAM untuk Mengembangkan Literasi Sains pada Pembelajaran IPA/JIHAN ANGGRAENI



Penelitian Pengembangan ini bertujuan untuk membuat produk berupa lembar penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill. Penilaian Higher Order Thinking Skill. ini membantu guru dalam melakukan evaluasi pembelajaran di kelas empat. Penelitian dilakukan pada siswa kelas empat di Sekolah Dasar Bendungan Hilir 01 Pagi sebanyak 20 orang. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan mulai dari bulan November 2019 sampai Januari 2020. Metode yang digunakan adalah Penelitian pengembangan model Borg and Gall. Proses pelaksanaan sebanyak sembilan tahapan terdiri dari 1) Prasurvey; (2) Melakukan perencanaan; (3) Pengembangan produk awal; (4) Uji coba lapangan tahap awal; (5) Revisi produk tahap awal; (6) Uji coba lapangan utama; (7) Revisi produk operasional ; (8) Uji lapangan operasional ; (9) Revisi produk tahap akhir. Hasil penelitian pada penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill. dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam menunjukkan siswa dapat berpikir kritis, mampu berpikir dengan nalar, dan menganalisis permasalahan, dan mengolaborasikan berbagai jawaban HOTS. Hasil Produk berupa lembaran penilaian berbasis Higher Order Thinking Skill. ini diperoleh hasil 92,13% sehingga hasil rekapitulasi data tersebut berada pada predikat “sangat baik.” Kata Kunci : Penilaian, Higher Order Thinking Skill, Ilmu Pengetahuan Alam


Availability

T1165PD/ts T1165Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ts T1165
Publisher Prodi Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
ix, 34 hlm. :ilus ;29, 5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this