No image available for this title

Text

Evaluasi Program Pendidikan Guru Penggerak di Provinsi Jawa Barat/YUDI HERMAN



Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program Pendidikan guru
penggerak di Wilayah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan model Goal Free Evaluation. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
mengindikasikan bahwa partisipasi guru penggerak saat dan pasca mengikuti
program pendidikan guru penggerak terhadap pembelajaran, interaksi dan
kerjasama antara guru penggerak dengan guru lainnya di sekolah telah
menunjukkan hasil yang positif pada beberapa aspek penting dalam dunia
Pendidikan. Program Pendidikan guru penggerak berdampak pada peningkatan
kualitas pengajaran, penguasaan materi, peningkatan keterampilan dan kompetensi
guru penggerak di sekolah sehingga terjadi peningkatan kualitas dalam pengajaran
dan hasil belajar siswa. Adapun dalam program Pendidikan guru penggerak ini
perlu memperhatikan rancangan model Pendidikan guru penggerak, diantaranya; 1)
input, 2) proses, 3) output, dan 4) dampak.
Kata Kunci: Goal Free Evaluation, Pendidikan Guru Penggerak


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program Pendidikan guru
penggerak di Wilayah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan model Goal Free Evaluation. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
mengindikasikan bahwa partisipasi guru penggerak saat dan pasca mengikuti
program pendidikan guru penggerak terhadap pembelajaran, interaksi dan
kerjasama antara guru penggerak dengan guru lainnya di sekolah telah
menunjukkan hasil yang positif pada beberapa aspek penting dalam dunia
Pendidikan. Program Pendidikan guru penggerak berdampak pada peningkatan
kualitas pengajaran, penguasaan materi, peningkatan keterampilan dan kompetensi
guru penggerak di sekolah sehingga terjadi peningkatan kualitas dalam pengajaran
dan hasil belajar siswa. Adapun dalam program Pendidikan guru penggerak ini
perlu memperhatikan rancangan model Pendidikan guru penggerak, diantaranya; 1)
input, 2) proses, 3) output, dan 4) dampak.
Kata Kunci: Goal Free Evaluation, Pendidikan Guru Penggerak





Availability

D1364MP/ds D1364Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
MP/ds D1364
Publisher Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xiii, 394 hlm. :ilus ;30cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
MP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this