Record Detail
Advanced SearchText
Evaluasi Program Pendidikan Guru Penggerak di Provinsi Jawa Barat/YUDI HERMAN
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program Pendidikan guru
penggerak di Wilayah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan model Goal Free Evaluation. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
mengindikasikan bahwa partisipasi guru penggerak saat dan pasca mengikuti
program pendidikan guru penggerak terhadap pembelajaran, interaksi dan
kerjasama antara guru penggerak dengan guru lainnya di sekolah telah
menunjukkan hasil yang positif pada beberapa aspek penting dalam dunia
Pendidikan. Program Pendidikan guru penggerak berdampak pada peningkatan
kualitas pengajaran, penguasaan materi, peningkatan keterampilan dan kompetensi
guru penggerak di sekolah sehingga terjadi peningkatan kualitas dalam pengajaran
dan hasil belajar siswa. Adapun dalam program Pendidikan guru penggerak ini
perlu memperhatikan rancangan model Pendidikan guru penggerak, diantaranya; 1)
input, 2) proses, 3) output, dan 4) dampak.
Kata Kunci: Goal Free Evaluation, Pendidikan Guru Penggerak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi program Pendidikan guru
penggerak di Wilayah Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan model Goal Free Evaluation. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini
mengindikasikan bahwa partisipasi guru penggerak saat dan pasca mengikuti
program pendidikan guru penggerak terhadap pembelajaran, interaksi dan
kerjasama antara guru penggerak dengan guru lainnya di sekolah telah
menunjukkan hasil yang positif pada beberapa aspek penting dalam dunia
Pendidikan. Program Pendidikan guru penggerak berdampak pada peningkatan
kualitas pengajaran, penguasaan materi, peningkatan keterampilan dan kompetensi
guru penggerak di sekolah sehingga terjadi peningkatan kualitas dalam pengajaran
dan hasil belajar siswa. Adapun dalam program Pendidikan guru penggerak ini
perlu memperhatikan rancangan model Pendidikan guru penggerak, diantaranya; 1)
input, 2) proses, 3) output, dan 4) dampak.
Kata Kunci: Goal Free Evaluation, Pendidikan Guru Penggerak
Availability
D1364 | MP/ds D1364 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
MP/ds D1364
|
Publisher | Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xiii, 394 hlm. :ilus ;30cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
MP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available