No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Berbasis Etno Realistic Mathematics Education Terintgrasi Computational Thinking (ERtCT) untuk Siswa Sekolah Dasar /NORA SURMILASARI



Integrasi computational thinking (CT) dalam pembelajaran matematika
merupakan salah satu karakteristik kurikulum merdeka. Penelitian ini
merupakan penelitian pengembangan model pembelajaran matematika
berbasis etnomatematika realistic mathematics education (RME)
terintegrasi computational thinking (ERtCT) untuk siswa kelas IV sekolah
dasar. Pengembangan model pembelajaran ini bertujuan untuk
menghasilkan sebuah model pembelajaran matematika pada materi bangun
datar segi empat di sekolah dasar yang terintegrasi computational thinking
skills dengan pendekatan RME menggunakan konteks etnomatematika
yaitu kain Tajung Palembang. Produk yang dikembangkan yaitu sintaks
model, modul ajar, LKPD, soal dan media. Model pembelajaran ini
dikembangkan dengan memadukan desain model pengembangan Dick &
Carey dan Tessmer yaitu 1) Preliminary; 2) Identifikasi Tujuan
Pembelajaran; 3) Analisis Pembelajaran; 4) Mengidentifikasi karakteristik
peserta didik dan konteks pembelajaran; 5) Tujuan Pembelajaran Khusus;
6) Mengembangkan instrumen penilaian. 7) Mengembangkan strategi
pembelajaran; 8) Mengembangkan dan memilih bahan pembelajara; 9)Uji
Kelayakan Model dengan evaluasi formatif (Expert review, one to one,
small group, field test); 10) Melaksanakan Revisi Instruksional (Revise
Instruction). Berdasarkan penilaian ahli materi dengan rata-rata 80,29%
model ERtCT dikategorikan valid, penilaian ahli bahasa dengan rata-rata
83,33% dikategorikan sangat valid, penilaian ahli media dengan rata-rata
84,26% dikategorikan valid dan penilaian guru kelas IV sekolah dasar
dengan rata-rata 79,27% dikategorikan valid. Hasil angket siswa pada tahap
one to one yaitu 79,45% dengan kategori praktis. Hasil angket siswa pada
tahap small group yaitu 81,5% yang dikategorikan praktis. Berdasarkan
hasil validasi, tahap one to one dan small group model ErtCT dikategorikan
layak. Sedangkan uji efektifitas berdasarkan N Gain adalah 0,6587
termasuk kategori sedang sehingga dapat disimpulkan model ERtCT efektif
dalam meningkatkan kemampuan CT skills peserta didik.
kata kunci: Model ERtCT, Computational Thinking, Sekolah Dasar, Kain
Tajung


Availability

D1362PD/ds D1362Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PD/ds D1362
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xix, 289 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PD/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this