No image available for this title

Text

Pengembangan Materi Ajar Keterampilan Menulis Bahasa Arab Tingkat Pemula Berbasis Web pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta/ FAHREZA PRAKASA



Salah satu keterampilan bahasa yang harus dikuasai oleh mahasiswa dalam pembelajaran bahasa arab adalah keterampilan menulis. Namun masih banyak mahasiswa yang kurang menguasai keterampilan ini dengan baik. Banyak dari mereka yang menguasai 3 keterampilan lainnya akan tetapi kurang menguasi keterampilan menulis ini. Oleh karena itu diperlukan bahan ajar yang memiliki fitur fitur mengikuti perkembangan zaman, salah satunya adalah bahan ajar berbasis website. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui kebutuhan pengembangan Materi Ajar Keterampilan Menulis Bahasa Arab tingkat Pemula (2) mendesain bahan ajar keterampilan menulis dan (3) mendeskripsikan kelayakan produk yang telah dikembangkan oleh peneliti yakni pengembangan materi ajar keterampilan menulis bahasa arab tingkat pemula berbasis web. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) Menggunakan model Pengembangan ADDIE (Analysis, Desain, Development, Implementation dan Evaluation). Sampel penelitian untuk analisis kebutuhan adalah 1 orang dosen dan 25 mahasiswa tingkat pemula pada program studi pendidikan bahasa arab Universitas Negeri Jakarta. Sementara itu, sampel ujincoba kelayakan produk juga diberikan kepada 1 orang dosen dan 25 mahasiswa. Pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menjelaskan bahwa dosen dan mahasiswa sepakat bahwa bahan ajar yang ada untuk dikembangkan berbasis web meliputi materi dan latihan soal. Desain bahan ajar disini juga meliputi 3 aspek yakni (1) membuat rancangan desain, mengembangakn domain web yang sudah ada dan mengembangkan desain materi ajar. Kelayakan bahan ajar keterampilan menulis berbasis web berdasarkan hasil uji validasi ahli Bahasa adalah 89%, validasi ahli materi adalah 88% dan validasi ahli media adalah 89% yang dimana itu semua merupakan hasil yang sangat layak. Serta kelayakan uji coba produk oleh dosen adalah layak (82%) dan uji coba produk oleh mahasiswa adalah sangat layak (85,6%). Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa bahan ajar keterampilan menulis bahasa arab tingkat pemula berbasis web layak untuk digunakan dalam pembelajaran bahasa arab.


Availability

LT/tsT1168Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
T1168
Publisher : .,
Collation
-
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ts
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this