No image available for this title

Text

Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris dengan Metode Resitasi Melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL) : Penelitian tindakan di Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta/ANIS SETIYANTI



Penelitian tindakan ini dilakukan dengan latar belakang belum berhasilnya pembelajaran
berbicara bahasa Inggris mahasiswa dan memiliki tujuan untuk meningkatkan
keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan metode Resitasi melalui Mobile Assisted
language Learning (MALL). Teknologi dan pembelajaran menunjukkan relevansi
teknologi dan aplikasi mobile dalam pembelajaran bahasa Inggris khususnya untuk
peningkatan keterampilan berbicara. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan
atau Action Research dengan menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang
memiliki tahapan perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi
(observation), dan refleksi (reflection). Penelitian dilakukan di semester genap tahun
ajaran 2019/2020 pada mahasiswa semester IV sejumlah 24 mahasiswa pada Program
Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah
Jakarta. Pengumpulan data yang digunakan penelitian ini adalah data kualitatif dan
kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari wawancara dan observasi, sedangkan data
kuantitatif diperoleh dari hasil tes prasiklus, tes siklus 1, tes siklus 2, dan tes siklus 3 yang
kemudian dianalisis dengan statistik sederhana. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini
antara lain keterlaksanaan metode resitasi pada peningkatan berbicara bahasa Inggris
mahasiswa melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL) berkategori sangat baik,
serta hasil peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris mahasiswa setelah
diterapkan metode Resitasi melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL). Hasil
peningkatan keterampilan berbicara bahasa Inggris dengan metode Resitasi melalui
Mobile Assisted Language Learning (MALL) terjadi peningkatan dari tahapan prasiklus
sampai siklus ke 3. Prosentase rata-rata nilai mahasiswa pada tahapan prasiklus hanya
sebesar 44,2% atau dalam kategori kurang memuaskan, kemudian mengalami kenaikan
pada siklus 1 menjadi 55,6% atau dalam kategori cukup memuaskan. Hasil siklus 2
diperoleh nilai rata-rata mahasiswa sebesar 68,8%, atau dalam kategori cukup
memuaskan dan mengalami peningkatan pada siklus 3 menjadi 81 % atau dalam kategori
memuaskan. Hubungan erat antara pratik, perangkat mobile, dan kemahiran menunjukkan
bahwa praktik berbahasa menggunakan perangat mobile berkontribusi signifikan terhadap
kemahiran berbicara bahasa Inggris. Kesimpulannya adalah dengan metode resitasi
melalui Mobile Assisted Language Learning (MALL) dapat meningkatkan keterampilan
berbicara bahasa Inggris mahasiswa serta disarankan menjadi salah satu metode yang
perlu diterapkan dalam meningkatkan keterampilan bahasa Inggris mahasiswa.
Kata Kunci: Metode Resitasi, Mobile Assisted Language Learning (MALL),
Keterampilan Berbicara bahasa Inggris


Availability

D1373LT/ds D1373Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D1373
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xxiv, 320 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this