No image available for this title

Text

Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural dalam Novel "Negeri 5 Menara" Karya A. Fuadi: Kajian Struktural Semiotik/ ARINI NOOR IZZATI



Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam tentang
nilai-nilai pendidikan multikultural yang ada dalam Novel Negeri 5 Menara menggunakan
pendekatan struktural dan semiotik. Subfokus penelitian ini adalah menganalisis nilai pendidikan
multikultural ditinjau dari struktur internal novel, semiotik Greimas, dan dari anĂ¡lisis wacana
kritis serta kerangka model pendidikan multikultural yang dihasilkan. Penelitian ini menggunakan
pendekatan kualitatif menggunakan metode analisis isi dengan pendekatan struktural dan
semiotik. Data diambil dari: Kata, frasa, klausa, dan kalimat, wacana, dan tanda semiotik yang
mengandung nilai-nilai pendidikan multikultural pada novel Negeri 5. Hasil penelitian
menyimpulkan bahwa: 1) temuan pada struktur internal novel dicerminkan pada nilai demokrasi,
nilai pluralis, dan nilai humanis yang berimplikasi pada proses pembelajaran di kelas ataupun di
luar kelas, yaitu siswa diajarkan bagaimana menerima perbedaan pendapat dalam pengambilan
keputusan. 2) Dari hasil analisis hubungan aktan, skema model fungsional dan struktur batin
untuk model nilai pendidikan multikultural juga tercermin pada nilai demokrasi, nilai pluralis, dan
nilai humanis. 3) Kajian nilai-nilai pendidikan multikultural dari temuan teori Greimas dalam
perspektif AWK melalui 3 dimensi analisis, yaitu dimensi teks menggambarkan keharmonisan
pendidikan antara ilmu pengetahuan umum dan agama, praktik wacana disajikan sesuai dengan
realitas pengalaman dan latar belakang sosial penulis, dan praktik sosial budaya berkaitan dengan
budaya dan pendidikan bagi masyarakat Indonesia yang telah menjadi keseharian dari
masyarakat Indonesia. 4) Kerangka model pendidikan multilkultral dari hasil analisis
tergambarkan pada perpaduan konten, konstruksi pengetahuan dalam sistem pendidikan,
penanaman nilai-nilai kebaikan yang sesuai dengan perbedaan dan karakter kearifan lokal,
kesamaan konsep nilai pluralis, dan pemberdayaan budaya sebagai bentuk fondasi dari
kebebasan pemahaman lintas budaya
Kata Kunci: Multikultural, Nilai, Novel, Pendidikan, Struktural dan Semioti


Availability

No copy data


Detail Information

Series Title
-
Call Number
LT/ds D1107
Publisher Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xviii, 344 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
LT/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this