Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Melalui Pendekatan bermain pada Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS)/ RISMANTO
PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) Rismanto Rismanto_9904921005@mhs.unj.ac.id Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ABSTRAK Tujuan Penelitian: menghasilkan dan menguji validitas, kelayakan, dan efektifitas Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Metode penelitian: penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan Borg & Gall melalui sepuluh tahap. Hasil Penelitian: (1) Analisis permasalahan; kebugaran jasmani siswa Madrasah dalam kategori “kurang” berdasarkan studi pendahuluan di lapangan dan studi literatur, elemen kebugaran jasmani yang paling “kurang” yakni daya tahan (endurance), berdasarkan kurikulum MI diarahkan untuk mengenal adapun MTs mengimlementasikan sedangkan MA mengembangkan kebugaran jasmani maka model pembelajaran yang dikembangkan ditujukan untuk MTs. (2) Perencanaan; model pembelajaran yang dikembangkan memuat (novelty) model pembelajaran melalui pendekatan bermain dan memanfaatkan built environment), perencanaan selanjutnya menentukan ahli yang dilibatkan dalam validasi desain, lokasi dan waktu uji coba pemakaian dan uji efektifitas model. (3) Pengembangan; rancangan awal model latihan diperkenalkan kehadapan ahli untuk uji ahli (validasi desain), uji ahli melibatkan 3 orang ahli dengan 2 kepakaran (ahli penjas dan permainan). (4) Uji coba awal; setelah model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli kemudian di uji cobakan pada uji kelompok kecil melibatkan 20 siswa dari 1 MTs. (5) Revisi berdasarkan hasil uji kelompok kecil. (6) Uji coba utama; uji kelompok besar melibatkan 80 siswa dari 4 MTs. (7) Revisi berdasarkan hasil uji kelompok besar. (8) Uji efektifitas model; setelah model pembelajaran dinyatakan layak melalui uji kelompok kecil dan besar, kemudian di uji efektifitasnya menggunakan penelitian pre-eksperimen berbentuk “pretest-posttest with control group”, hasil analisis data menggunakan Uji N-Gain Score bahwa rata-rata N- Gain Score (%) kelompok eksperimen PA sebesar 62% atau “Cukup Efektif” sedangkan kelompok kontrol PA sebesar 50% atau “Kurang Efektif”. Adapun kelompok eksperimen PI sebesar 60% atau “Cukup Efektif” sedangkan kelompok kontrol PI sebesar 18% atau “Tidak Efektif”. (9) Revisi akhir berdasarkan hasil uji efektifitas. (10) Hasil penelitian dan pegembangan model ini telah di desiminasikan pada seminar internasional, jurnal internasional terindeks scopus, dan memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kesimpulan: Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani elemen daya tahan (endurance) siswa MTs. Kata Kunci : Pendekatan bermain, Kebugaran jasmani, Madrasah
Availability
D1375 | PENJAS/ds D1375 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
PENJAS/ds D1375
|
Publisher | Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xv, 353 hlm. :ilus ;30cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
PENJAS/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cet.1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available