No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Melalui Pendekatan bermain pada Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTS)/ RISMANTO



PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEBUGARAN JASMANI MELALUI PENDEKATAN BERMAIN PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH (MTS) Rismanto Rismanto_9904921005@mhs.unj.ac.id Pascasarjana Universitas Negeri Jakarta ABSTRAK Tujuan Penelitian: menghasilkan dan menguji validitas, kelayakan, dan efektifitas Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs). Metode penelitian: penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengadopsi model pengembangan Borg & Gall melalui sepuluh tahap. Hasil Penelitian: (1) Analisis permasalahan; kebugaran jasmani siswa Madrasah dalam kategori “kurang” berdasarkan studi pendahuluan di lapangan dan studi literatur, elemen kebugaran jasmani yang paling “kurang” yakni daya tahan (endurance), berdasarkan kurikulum MI diarahkan untuk mengenal adapun MTs mengimlementasikan sedangkan MA mengembangkan kebugaran jasmani maka model pembelajaran yang dikembangkan ditujukan untuk MTs. (2) Perencanaan; model pembelajaran yang dikembangkan memuat (novelty) model pembelajaran melalui pendekatan bermain dan memanfaatkan built environment), perencanaan selanjutnya menentukan ahli yang dilibatkan dalam validasi desain, lokasi dan waktu uji coba pemakaian dan uji efektifitas model. (3) Pengembangan; rancangan awal model latihan diperkenalkan kehadapan ahli untuk uji ahli (validasi desain), uji ahli melibatkan 3 orang ahli dengan 2 kepakaran (ahli penjas dan permainan). (4) Uji coba awal; setelah model pembelajaran yang dikembangkan dinyatakan valid oleh ahli kemudian di uji cobakan pada uji kelompok kecil melibatkan 20 siswa dari 1 MTs. (5) Revisi berdasarkan hasil uji kelompok kecil. (6) Uji coba utama; uji kelompok besar melibatkan 80 siswa dari 4 MTs. (7) Revisi berdasarkan hasil uji kelompok besar. (8) Uji efektifitas model; setelah model pembelajaran dinyatakan layak melalui uji kelompok kecil dan besar, kemudian di uji efektifitasnya menggunakan penelitian pre-eksperimen berbentuk “pretest-posttest with control group”, hasil analisis data menggunakan Uji N-Gain Score bahwa rata-rata N- Gain Score (%) kelompok eksperimen PA sebesar 62% atau “Cukup Efektif” sedangkan kelompok kontrol PA sebesar 50% atau “Kurang Efektif”. Adapun kelompok eksperimen PI sebesar 60% atau “Cukup Efektif” sedangkan kelompok kontrol PI sebesar 18% atau “Tidak Efektif”. (9) Revisi akhir berdasarkan hasil uji efektifitas. (10) Hasil penelitian dan pegembangan model ini telah di desiminasikan pada seminar internasional, jurnal internasional terindeks scopus, dan memperoleh Hak Kekayaan Intelektual (HKI). Kesimpulan: Model Pembelajaran Kebugaran Jasmani Melalui Pendekatan Bermain Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah (MTs) valid, layak, dan efektif untuk meningkatkan kebugaran jasmani elemen daya tahan (endurance) siswa MTs. Kata Kunci : Pendekatan bermain, Kebugaran jasmani, Madrasah


Availability

D1375PENJAS/ds D1375Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
PENJAS/ds D1375
Publisher Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,
Collation
xv, 353 hlm. :ilus ;30cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
PENJAS/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cet.1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this