Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Edu SMART Berorientasi HOTS pada Materi Kimia/ Bayu Saputra
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan model pembelajaran Edu SMART berorientasi Hots pada materi kimia, menganalisis kelayakan model serta efektivitas penerapannya. Metode yang digunakan yaitu Research and Development dari Borg and Gall mengikuti tahapan model desain pembelajaran Dick and Carey. Pada tahapan awal studi pendahuluan dari Borg & Gall dan pada tahap pengembangan produk ditambahkan model desain Hannafin and Peck, dikarenakan model ini berorientasi pada produk, cocok untuk mengembangkan produk yang bersifat elektronik maupun cetak. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan tes. Menggunakan desain penelitian pretest-posttest untuk menilai kemampuan awal dan akhir peserta didik. Uji t dilakukan untuk mengetahui efektivitas model yang dikembangkan. Model pembelajaran yang dihasilkan terdiri dari 5 sintak yaitu Share & Accesible, Measurable, Apply, Reorientation, Time to Reflection kemudian diberinama Edu SMART. Perolehan hasil rata-rata validasi dari ahli instruksional pembelajaran sebesar 91,3 %, ahli media sebesar 89,5 %, ahli materi sebesar 89,7 %, one to one sebesar 89 %, dari uji small group sebesar 91,6% dari field trial sebesar 90,2%. Berdasarkan hasil validasi instrumen evaluasi formatif menunjukkan bahwa model pembelajaran Edu SMART berorientasi HOST pada materi kimia Layak untuk diterapkan pada mata pelajaran kimia materi asam basa. Hasil penelitian juga mengungkapkan efektivitas model pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata pada pretest sebesar 75,57 sedangkan pada postes diperoleh nilai 90,57 terdapat peningkatan yang signifikan posttest pretest sebesar 0.000 < 0.05 artinya terdapat perbedaan rata-rata hasil belajar. Nilai N gain dihitung dengan kenaikan rata-rata pretes dan postes sebesar 0,58 yang berarti efektif. Simpulannya bahwa model pembelajaran Edu SMART yang memiliki 5 sintak layak dan efektif digunakan dalam pembelajaran kimia. Kata Kunci: Model Pembelajaran, Edu SMART, Asam basa, Hasil Belajar
Availability
2024000762bay | TP/sin BAY 2024 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin BAY 2024
|
Publisher | : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
50 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available