Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Statistika Pendidikan dengan Dukungan Perancah Kemandirian Belajar
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis
kelayakan dan efektivitas model pembelajaran Statistika Pendidikan.
Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D)
dengan kombinasi model Dick & Carey dengan model Borg & Gall,
Wiggins dkk, dan Merrienboer dkk. Dari hasil penelitian dan
pengembangan telah dihasilkan model OMAKUTUPERKABE. Dari
hasil penilaian ahli, dosen, dan mahasiswa, diperoleh skor rata-rata
sebesar 95.68%, artinya model pembelajaran dinilai layak untuk
diimplementasikan. Hasil pengujian lapangan diperoleh skor pretest
sebesar 44.86 dan skor posttest sebesar 99.57 dengan nilai n-gain
sebesar 0.90 menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar yang
difasilitasi dengan model termasuk kategori tinggi. Dari hasil t-test
diketahui bahwa perbedaan rata-rata skor posttest (M=99.57,
SD=1.134) dan pretest (M=44.86, SD=22.461) bersifat signifikan
(t(6)=6.349, p=0.001, Sig.=0.05, d-Cohens=2.4). Hal itu menujukkan
bahwa model OMAKUTUPERKABE secara signifikan dapat
meningkatkan hasil belajar. Nilai d-Cohens sebesar 2.4 dapat
disimpulkan bahwa model OMAKUTUPERKABE berdampak sangat
besar terhadap peningkatan hasil belajar.
Kata kunci: pemecahan masalah kompleks, statistika pendidikan,
kemandirian belajar
Availability
2024000768aen | TP/sin AEN 2024 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/sin AEN 2024
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Sekolah Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
67 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available