No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Statistika Pendidikan dengan Dukungan Perancah Kemandirian Belajar



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis
kelayakan dan efektivitas model pembelajaran Statistika Pendidikan.
Penelitian ini menggunakan metode Research & Development (R&D)
dengan kombinasi model Dick & Carey dengan model Borg & Gall,
Wiggins dkk, dan Merrienboer dkk. Dari hasil penelitian dan
pengembangan telah dihasilkan model OMAKUTUPERKABE. Dari
hasil penilaian ahli, dosen, dan mahasiswa, diperoleh skor rata-rata
sebesar 95.68%, artinya model pembelajaran dinilai layak untuk
diimplementasikan. Hasil pengujian lapangan diperoleh skor pretest
sebesar 44.86 dan skor posttest sebesar 99.57 dengan nilai n-gain
sebesar 0.90 menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar yang
difasilitasi dengan model termasuk kategori tinggi. Dari hasil t-test
diketahui bahwa perbedaan rata-rata skor posttest (M=99.57,
SD=1.134) dan pretest (M=44.86, SD=22.461) bersifat signifikan
(t(6)=6.349, p=0.001, Sig.=0.05, d-Cohens=2.4). Hal itu menujukkan
bahwa model OMAKUTUPERKABE secara signifikan dapat
meningkatkan hasil belajar. Nilai d-Cohens sebesar 2.4 dapat
disimpulkan bahwa model OMAKUTUPERKABE berdampak sangat
besar terhadap peningkatan hasil belajar.
Kata kunci: pemecahan masalah kompleks, statistika pendidikan,
kemandirian belajar


Availability

2024000768aenTP/sin AEN 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/sin AEN 2024
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Sekolah Pascasarjana UNJ.,
Collation
67 hlm. :ilus ;21 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/sin
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available


File Attachment



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this