Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran EduSMART Berorientasi HOTS pada Materi Kimia/ BAYU SAPUTRA
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan model
pembelajaran Edu SMART berorientasi Hots pada materi kimia, menganalisis
kelayakan model serta efektivitas penerapannya. Metode yang digunakan yaitu
Research and Development dari Borg and Gall mengikuti tahapan model desain
pembelajaran Dick and Carey. Pada tahapan awal studi pendahuluan dari Borg &
Gall dan pada tahap pengembangan produk ditambahkan model desain Hannafin
and Peck, dikarenakan model ini berorientasi pada produk, cocok untuk
mengembangkan produk yang bersifat elektronik maupun cetak. Pengumpulan
data dilakukan melalui observasi, angket, wawancara, dan tes. Menggunakan desain
penelitian pretest-posttest untuk menilai kemampuan awal dan akhir peserta didik.
Uji t dilakukan untuk mengetahui efektivitas model yang dikembangkan. Model
pembelajaran yang dihasilkan terdiri dari 5 sintak yaitu Share & Accesible,
Measurable, Apply, Reorientation, Time to Reflection kemudian diberinama Edu
SMART. Perolehan hasil rata-rata validasi dari ahli instruksional pembelajaran
sebesar 91,3 %, ahli media sebesar 89,5 %, ahli materi sebesar 89,7 %, one to one
sebesar 89 %, dari uji small group sebesar 91,6% dari field trial sebesar 90,2%.
Berdasarkan hasil validasi instrumen evaluasi formatif menunjukkan bahwa model
pembelajaran Edu SMART berorientasi HOST pada materi kimia Layak untuk
diterapkan pada mata pelajaran kimia materi asam basa. Hasil penelitian juga
mengungkapkan efektivitas model pembelajaran, diperoleh nilai rata-rata pada
pretest sebesar 75,57 sedangkan pada postes diperoleh nilai 90,57 terdapat
peningkatan yang signifikan posttest pretest sebesar 0.000 < 0.05 artinya terdapat
perbedaan rata-rata hasil belajar. Nilai N gain dihitung dengan kenaikan rata-rata
pretes dan postes sebesar 0,58 yang berarti efektif. Simpulannya bahwa model
pembelajaran Edu SMART yang memiliki 5 sintak layak dan efektif digunakan
dalam pembelajaran kimia.
Kata Kunci: Model Pembelajaran, Edu SMART, Asam basa, Hasil Belajar
Availability
D1378 | TP/ds D1378 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D1378
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Sekolah Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xv, 282 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available