No image available for this title

Text

Pengembangan Model Pembelajaran Statistika Pendidikan Dengan Dukungan Perancah Kemandirian Belajar/AENG MUHIDIN



Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan dan
efektivitas model pembelajaran Statistika Pendidikan. Penelitian ini menggunakan
metode Research & Development (R&D) dengan kombinasi model Dick & Carey
dengan model Borg & Gall, Wiggins dkk, dan Merrienboer dkk. Dari hasil
penelitian dan pengembangan telah dihasilkan model OMAKUTUPERKABE. Dari
hasil penilaian ahli, dosen, dan mahasiswa, diperoleh skor rata-rata sebesar 95.68%,
artinya model pembelajaran dinilai layak untuk diimplementasikan. Hasil
pengujian lapangan diperoleh skor pretest sebesar 44.86 dan skor posttest sebesar
99.57 dengan nilai n-gain sebesar 0.90 menunjukkan bahwa peningkatan hasil
belajar yang difasilitasi dengan model termasuk kategori tinggi. Dari hasil t-test
diketahui bahwa perbedaan rata-rata skor posttest (M=99.57, SD=1.134) dan
pretest (M=44.86, SD=22.461) bersifat signifikan (t(6)=6.349, p=0.001, Sig.=0.05,
d-Cohens=2.4). Hal itu menujukkan bahwa model OMAKUTUPERKABE secara
signifikan dapat meningkatkan hasil belajar. Nilai d-Cohens sebesar 2.4 dapat
disimpulkan bahwa model OMAKUTUPERKABE berdampak sangat besar
terhadap peningkatan hasil belajar.
Kata kunci: pemecahan masalah kompleks, statistika pendidikan, kemandirian
belajar


Availability

D1381TP/ds D1381Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable

Detail Information

Series Title
-
Call Number
TP/ds D1381
Publisher Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Sekolah Pascasarjana UNJ.,
Collation
xix, 309 hlm. :ilus ;29,5 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
TP/ds
Content Type
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
Cetakan Ke- 1
Subject(s)
-
Specific Detail Info
-
Statement of Responsibility

Other version/related

No other version available




Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this