Record Detail
Advanced SearchText
Pengembangan Model Pembelajaran Statistika Pendidikan Dengan Dukungan Perancah Kemandirian Belajar/AENG MUHIDIN
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan dan
efektivitas model pembelajaran Statistika Pendidikan. Penelitian ini menggunakan
metode Research & Development (R&D) dengan kombinasi model Dick & Carey
dengan model Borg & Gall, Wiggins dkk, dan Merrienboer dkk. Dari hasil
penelitian dan pengembangan telah dihasilkan model OMAKUTUPERKABE. Dari
hasil penilaian ahli, dosen, dan mahasiswa, diperoleh skor rata-rata sebesar 95.68%,
artinya model pembelajaran dinilai layak untuk diimplementasikan. Hasil
pengujian lapangan diperoleh skor pretest sebesar 44.86 dan skor posttest sebesar
99.57 dengan nilai n-gain sebesar 0.90 menunjukkan bahwa peningkatan hasil
belajar yang difasilitasi dengan model termasuk kategori tinggi. Dari hasil t-test
diketahui bahwa perbedaan rata-rata skor posttest (M=99.57, SD=1.134) dan
pretest (M=44.86, SD=22.461) bersifat signifikan (t(6)=6.349, p=0.001, Sig.=0.05,
d-Cohens=2.4). Hal itu menujukkan bahwa model OMAKUTUPERKABE secara
signifikan dapat meningkatkan hasil belajar. Nilai d-Cohens sebesar 2.4 dapat
disimpulkan bahwa model OMAKUTUPERKABE berdampak sangat besar
terhadap peningkatan hasil belajar.
Kata kunci: pemecahan masalah kompleks, statistika pendidikan, kemandirian
belajar
Availability
D1381 | TP/ds D1381 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
TP/ds D1381
|
Publisher | Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Sekolah Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
xix, 309 hlm. :ilus ;29,5 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
TP/ds
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available