Record Detail
Advanced SearchText
Model Pembelajaran Collaborative Multimodal Reading Comprehension (CMRC): Penelitian pengembangan di Program Studi Agroteknologi Universitas Suryakacana/ Nia Kurniawati
Dalam konteks pembelajaran bahasa Inggris di perguruan tinggi, pembelajaran membaca
pemahaman dapat didukung oleh literasi multimoda dan pendekatan kolaboratif. Penelitian ini
bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran membaca teks bahasa Inggris untuk tujuan
khusus yang diberi nama model pembelajaran Collaborative Multimodal Reading Comprehension
(CMRC). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan Successive
Approximation Model (SAM). Langkah pengembangan prototipe model pembelajaran CMRC
dibagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan (preparation), tahap desain berulang (iterative
design), dan tahap pengembangan berulang (iterative development). Penelitian ini merupakan
penelitian campuran, untuk data kuantitatif diperoleh dari penilaian ahli, angket, dan hasil tes
pemahaman bacaan. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, proses
pengembangan model pembelajaran, dan penilaian ahli dan angkeit. Penelitian ini dilaksanakan
mulai Januari 2021 hingga Juni 2024. Responden penelitian ini adalah 29 mahasiswa yang
mengambil mata kuliah EST di Program Studi Agroteknologi Universitas Suryakancana. Data
kuantitatif diperoleh dari penilaian ahli, kuesioner, dan hasil tes membaca pemahaman, sedangkan
data kualitatif diperoleh dari hasil observasi, wawancara, proses pengembangan model
pembelajaran, dan kuesioner terbuka. Pada tahap persiapan yang diawali dengan analisis
kebutuhan, ditemukan bahwa kompetensi membaca pemahaman dan literasi multimodal siswa
masih rendah. Selain itu, belum ada model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dosen dan
mahasiswa untuk pembelajaran reading comprehension yang juga dapat mengasah kemampuan
kolaborasi, serta literasi multimodal dalam proses perkuliahan reading comprehension dalam
bahasa Inggris. Langkah selanjutnya adalah savvy start dengan menyusun desain kasar model
pembelajaran CMRC berdasarkan asil analisis kebutuhan. Pada tahap iterative design, dirancang
model CMRC versi alfa berupa silabus, e-modul berbasis pembelajaran kolaboratif dan literasi
multimodal, LMS yang dilengkapi dengan buku panduan LMS untuk dosen. Model pembelajaran
CMRC versi alfa kemudian diujicobakan pada tahap pengembangan berulang dan menghasilkan
versi beta. Selama masa uji coba, model tersebut direvisi berdasarkan umpan balik dari pakar dan
pengguna. Sedangkan untuk hasil kuantitatif yang terdiri dari skor penilaian ahli, hasil kuesioner,
uji efektifitas menunjukkan bahwa model pembelajaran CMRC ini layak untuk digunakan. Hal ini
dibuktikan dengan hasil uji hipotesis melalui perhitungan T-test. Berdasarkan hasil uji-t diketahui
bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat
disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran CMRC berbasis literasi multimodal
terhadap peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan kolaborasi siswa.
Kata Kunci: Pemahaman Membaca, Literasi Multimodal, pembelajaran kolaboratif, EST,
SAM
Availability
2024000787nia | LT/sin NIA m | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Detail Information
Series Title |
-
|
---|---|
Call Number |
LT/sin NIA m
|
Publisher | Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ., 2024 |
Collation |
24 hlm. :ilus ;21 cm
|
Language |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Classification |
LT/sin
|
Content Type |
-
|
Media Type |
-
|
---|---|
Carrier Type |
-
|
Edition |
Cetakan Ke- 1
|
Subject(s) |
-
|
Specific Detail Info |
-
|
Statement of Responsibility |
-
|
Other version/related
No other version available