Pengembangan Model Pembelajaran EX21 pada Mata Kuliah Biomedik dengan Pendekatan STEAM Berbasis Augmented Reality/ YENI RAINI
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan, 2) Mengetahui kelayakan dan
3) Mengukur efektivitas Model pembelajaran Mata kuliah Biomedik dengan
pendekatan STEAM berbasis Augmented Reality. Model pembelajaran yang
dikembangkan bernama EX2I (Explore, Experiment and Interactive). Jenis
penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dari Model
desain instruksional Dick and Carey dikombinasikan dengan Model pengembangan
Hannafin and Peck. Produk kemudian divalidasi berdasarkan tahapan : 1) Experts
Review, 2) One-to-one Evaluation, 3) Small Group Evaluation dan 4) Field Trial.
Subjek penelitian mahasiswa Semester I Program Studi Kesmas FIKES Universitas
Ibn Khaldun Bogor dengan materi anatomi tubuh manusia TA. 2021/2022. Teknik
pengumpulan data berupa wawancara, angket, pre-test dan post-test, lembar
observasi, dan dokumentasi. Hasil uji kelayakan model memenuhi syarat kelayakan,
kepraktisan dan efektivitas. Berdasarkan hasil uji kelayakan Expert Review
didapatkan hasil rerata dari ahli desain instruksional 3,8, ahli materi 3,28, ahli
media dan IT 3,7 dan ahli bahasa 3,5. Pada nilai rerata evalusi kelas dari One to one
sebesar 3,37, Small Group 3,59, dan Field Trial 4,89 dengan kategori baik. Pada
uji efektivitas mengalami kenaikan sebesar 28,5%, dari hasil pre-test sebesar 61,67
pada post-test 82,21 dengan persentase ketuntasan 92,85% sebanyak 26 orang, hasil
N-Gain sebesar 0,706 dan Uji-t didapatkan Thitung ≥ Ttabel (6,16 ≥ 0,706).
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Model pembelajaran
EX2I yang dirancang dengan pendekatan STEAM berbasis Augmented Reality
terbukti dapat meningkatkan motivasi belajar, keterampilan abad 21 mahasiswa,
dan hasil belajar mahasiswa.
Kata Kunci: EX2I, Biomedik, STEAM, Augmented Reality, Ensiklopedia Markerbas
T1387 | TP/ds T1387 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Publisher
Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ :
Pascasarjana UNJ.,
2024
Collation
xiv, 288 hlm. :ilus ;29,5 cm
Statement of Responsibility
-
No other version available