Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Gaya Mengajar dan Motivasi terhadap Hasil Belajar Passing Sepakbola Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya mengajar latihan gaya
mengajar resiprokal dan gaya mengajar ingklusi dan motivasi belajar pada matakuliah
sepakbola mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Serambi Mekkah.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode
analisis varians (anava)) dua jalur dengan desain treatment by level 3 x 2 untuk
mengkaji pengaruh perbedaan antara variable variabel tersebut. Populasi penelitian
mencakup seluruh mahasiswa Pendidikan Jasmani 2023, dan pengambilan sampel
dilakukan menggunakan teknik Purposive Sampling, yang memastikan sampel sesuai
dengan kriteria yang telah ditentukan. Instrumen penelitian berupa kuesioner dan
Rublik Penilaian yang telah melalui uji keabsahan dan kehandalan. Uji keabsahan
dilakukan dengan analisis konten oleh pakar terkait, untuk memastikan kuesioner
mencerminkan konsep yang diukur, sedangkan uji kehandalan dilakukan dengan uji
reliabilitas internal untuk menilai konsistensi instrumen. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa terdapat pengaruh signifikan dari gaya mengajar latihan gaya mengajar
resiprokal dan gaya mengajar ingklusi dan motivasi belajar pada matakuliah sepakbola
mahasiswa Program Studi Pendidikan Jasmani Universitas Serambi Mekkah. gaya
mengajar latihan dan motivasi terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap hasil
belajar passing sepakbola. gaya mengajar resiprokal dan motivasi terbukti memiliki
pengaruh langsung terhadap hasil belajar passing sepakbola. gaya mengajar ingklusi
dan motivasi terbukti memiliki pengaruh langsung terhadap hasil belajar passing
sepakbola yang kemudian berdampak pada peningkatan hasil belajar. Dengan kata lain,
motivasi berperan sebagai mediator penting dalam hubungan antara variabel-variabel
tersebut terhadap passing sepakbola. Temuan ini menggaris bawahi pentingnya gaya
mengajar dalam meningkatkan hasil belajar mahasiswa, serta memberikan wawasan
yang berharga bagi upaya meningkatkan hasil belajar melalui penguatan faktor-faktor
motivasi. Penelitian ini memberikan kontribusi yang signifikan dalam memahami
faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar mahasiswa pendidikan jasmani, serta
menawarkan implikasi praktis untuk pengembangan program pembelajaran yang lebih
holistik dan integratif, yang mencakup aspek fisik, psikologis mahasiswa.
Availability
2025000955sahPENJAS/sin SAH 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PENJAS/sin SAH 2025

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

47 hlm. : ilus. ;21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.