Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Pancasila: Field Trip Terintegrasi Virtual Reality Meningkatkan Literasi Budaya pada Siswa Sekolah Dasar

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan (Pendidikan Pancasila) berbasis field trip yang
terintegrasi dengan teknologi Virtual Reality (VR) dalam upaya meningkatkan
literasi budaya pada siswa Sekolah Dasar (SD). Literasi budaya merupakan salah
satu komponen penting dalam pembentukan karakter siswa, di mana siswa
diharapkan dapat memahami, menghargai, dan melestarikan budaya lokal serta
nasional, khususnya Budaya Betawi. Metode penelitian yang digunakan adalah
Research and Development (R&D) yang meliputi tahapan analisis kebutuhan,
desain model, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini
adalah siswa kelas VI di lima sekolah dasar DKI Jakarta yang dipilih secara acak
di wilayah Jakarta. Data dikumpulkan melalui angket, observasi, wawancara, dan
tes literasi budaya sebelum dan sesudah implementasi model pembelajaran. Hasil
penelitian menunjukkan bahwa model field trip terintegrasi virtual reality
menunjukkan efektifitas yang positif dalam meningkatkan minat belajar siswa
tentang budaya. Hal ini terlihat dari peningkatan nilai tes literasi budaya yang
signifikan pada semua sekolah yang menerapkan model yang dikembangkan dan
model pembelajaran field trip terintegrasi virtual reality memiliki efek positif
terhadap peningkatan literasi budaya siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan
rata-rata skor pada setiap sekolah. Selain itu, skor N-Gain yang didapatkan pada
masing-masing sekolah mendapatkan nilai lebih dari 0,300 yang merupakan
kategori sedang. Model pembelajaran ini juga mendapat respon positif dari para
guru, yang menyatakan bahwa integrasi VR dengan field trip memberikan dimensi
baru dalam pengajaran Pendidikan Pancasila yang tidak hanya informatif tetapi
juga memotivasi siswa untuk belajar lebih lanjut tentang budaya mereka. Penelitian
ini menyimpulkan bahwa pengembangan model pembelajaran Pendidikan
Pancasila berbasis field trip terintegrasi VR merupakan inovasi yang efektif untuk
meningkatkan literasi budaya siswa SD dan layak untuk diterapkan secara lebih
luas.
Availability
2025000953vinPD/sin VIN 2024Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/sin VIN 2024

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

37 hlm. : ilus. ; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.