Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Teknik Klarifikasi Nilai dan Konsep Diri terhadap Sikap Tanggung Jawab Siswa Kelas IV Sekolah Dasar di Kecamatan Sidoarjo/ Badruli Martati

No image available for this title
Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Teknik Klarifikasi Nilai (TKN),
Ekspositori dan konsep diri terhadap sikap tanggung jawab siswa kelas IV sekolah dasar.
Pada latar belakang dikemukakan bahwa pembelajaran PPKn masih pada konteks
pengajaran pengetahuan, bukan penanaman sikap. Metode penelitian yang digunakan
eksperimen dengan desain treatment by level 2x2. Populasi penelitian siswa pada
limabelas SDN di Kecamatan Sidoarjo dan populasi terjangkau siswa kelas IV SDN
Sedati Gede II, sejumlah 80 orang. Temuan: (1) Terdapat perbedaan signifikan antara
sikap tanggung jawab siswa yang belajar dengan TKN mendapat skor 86,55 dan siswa
yang belajar dengan Ekspositori skornya sebesar 81,64. (2) Terdapat pengaruh interaksi
antara metode pembelajaran dan konsep diri terhadap sikap tanggung jawab siswa
sebesar 70,8%. (3) Ada perbedaan signifikan antara Sikap Tanggung Jawab siswa yang
belajar dengan TKN dan Ekspositori pada siswa yang memiliki Konsep Diri Tinggi. Uji
Tuckey menunjukkan perbedaan rata-rata skor 9,00; (4) Terdapat perbedaan signifikan
antara Sikap Tanggung Jawab siswa yang belajar dengan TKN dan Ekspositori pada
siswa yang memiliki Konsep Diri rendah. Hasil Uji Tuckey perbedaan rata-rata skor
3,00. Hasil penelitian membuktikan bahwa TKN relevan dipergunakan untuk pendidikan
sikap tanggung jawab sebagai implementasi dari pendidikan nilai dalam rangka
Penguatan Pendidikan Karakter di sekolah. Melalui penerapan TKN diharapkan terjadi
internalisasi nilai pada diri siswa sehingga terwujud sikap kebaikan yang menjadi
perilaku yang diulang-ulang dan pola hidup. Guru diharapkan dapat menerapkan TKN
dalam pembelajaran di sekolah. Khususnya PPKn sebagai mata pelajaran yang sarat
nilai, sehingga tercapai internalisasi nilai pada siswa.
Kata kunci: Teknik klarifikasi nilai, konsep diri, sikap tanggung jawab, PPKn
Availability
2025000983pdfPD/sin BAD 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/sin BAD 2020

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

42 hlm. :ilus ;21 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PD/sin

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.