Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Hubungan antara Gaya Kepemimpinan, Supervisi Akademis, Regulasi Diri dengan Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar / Leriwarti Sutarna

No image available for this title
Kemampuan guru terutama guru sekolah dasar berperan penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Di sisi lain Gaya Kepemimpinan Kepala sekolah merupakan komponen penting dalam pengembangan mutu pendidikan. Supervisi Akademis terhadap metode pembelajaran, pedagogi guru dalam pembelajaran juga berpengaruh pada tujuan pembelajaran. Regulasi diri dalam menampilkan kinerja dalam proses pembelajaran di sekolah dasar yang efektif. Adapun tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji pengaruh langsung dari: Gaya kepemimpinan, Supervisi Akademis, Regulasi Diri dan Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan survey dengan pendekatan korelasi. Sampel yang digunakan adalah guru-guru kelas 1 SD dalam mata pelajaran sekolah dasar sekabupaten Cirebon. Penelitian ini akan mengkaji atau menganalisis hubungan antar variabel penelitian, serta mengukur pengaruh satu variabel bebas terhadap variabel lainnya. Hubungan ketiga variabel bebas dengan variabel terikat. Variabel bebas yang dikaji terdiri dari tiga variabel yaitu: Gaya Kepemimpinan (X1), Supervisi Akademis (X2), Regulasi diri (X3), dan satu variabel terikat yaitu Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar (Y). Hasil korelasi menunjukkan adanya hubungan yang kuat antara masing-masing variabel bebas dengan variabel terikat. namun variabel Supervisi sangat berpengaruh tinggi, kenaikan atau peningkatannya akan mengurangi pengaruh berkurangnya pengaruh Gaya Kepemimpinan dan berkurangnya pengaruh Regulasi Diri. Hubungan antara Gaya Kepemimpinan (X1) dengan Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar (Y), dapat dinyatakan dengan kedua variabel tersebut dapat digambarkan dengan persamaan regresi: y = 1.712 + 0,373 x1. Dengan nilai r sebesar 0.347, dan koefisien determinasi 0.121. Hubungan antara variabel supervisi dan kemampuan mengajar guru sekolah dasar dinyatakan dengan dengan persamaan regresi: y = 1.560 + 0,423 x2. Dengan nilai r sebesar 0.376, dan koefisien determinasi 0.141. Sedangkan Hubungan antara Regulasi Diri (X3) dengan Kemampuan Mengajar Guru Sekolah Dasar (Y) dengan persamaan regresi: y = 1.679 + 0,388 x3. Dengan nilai r sebesar 0.351, dan koefisien determinasi 0.123.
Kata kunci: gaya kepemimpinan, supervisi akademis, regulasi diri dan Kemampuan mengajar guru sekolah dasar:
Availability
2025000984pdfPD/sin LER 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/sin LER 2020

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Sekolah Pascasarjana UNJ.,

Collation

54 hlm. :ilus ;21 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PD/sin

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.