Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Modul Ecoliteracy Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Ecoliteracy Siswa Sekolah Dasar./ Rana Gustian Nugraha

No image available for this title
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan ecoliteracy siswa sekolah dasar di Kabupaten Majalengka. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan produk modul ecoliteracy berbasis project based learning untuk meningkatkan kemampuan ecoliteracy siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Majalengka Provinsi Jawa Barat. Metode penelitian menggunakan research and development model Dick and Carey. Dalam tahap pengembangan terdapat sepuluh tahapan yaitu analisis kebutuhan, melakukan analisis pembelajaran, mengidentifikasi karakteristik siswa di kelas, merumuskan tujuan pembelajaran, mengembangkan tes, mengembangkan strategi pembelajaran, mengembangkan dan memilih bahan untuk modul, evaluasi formatif, melakukan revisi dan melaksanakan evaluasi sumatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket terhadap tiga ahli yaitu ahli materi, ahli modul dan ahli Bahasa. Selanjutnya dilakukan uji lapangan perorangan, kelompok kecil dan kelompok besar. Modul ini memiliki karakteristik yang dirancang dengan pembelajaran berbasis masalah dimana modul memiliki petunjuk penggunaan dan kegiatan pembelajaran berfokus pada kegiatan bekerja kelompok dan bekerja mandiri ketika membuat proyek agar dapat melatih kemampuan siswa, kemampuan menginterpretasikan dan kemampuan berkolaborasi bagi siswa. Pengembangan modul ecoliteracy ini dinyatakan layak setelah melalui uji validasi ahli materi dengan skor 3.25, ahli modul dengan skor 3.1 dan ahli Bahasa 3.75. Maka dari itu modul ini bisa diterapkan dalam pembelajaran ecoliteracy. Selanjutnya modul ini di uji efektivitaskan terhadap 100 siswa yang dibagi menjadi 2 kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas control. Pengumpulan data dilakukan dengan angket, observasi, dan tes ecoliteracy. Data yang didapatkan kemudian dianalisis uji beda, uji efektivitas, dan deskriptif analisis. Berdasarkan hasil uji efektivitas modul ecoliteracy ini diperoleh hasil efektivitas tinggi dengan tingkat efektivitas 79%.
Kata Kunci: Modul Pembelajaran, Ecoliteracy, Project Based Learning
Availability
2025000978pdfPD/sin RAN 2023Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/sin RAN 2023

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

37 hlm. :ilus ;21 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PD/sin

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.