Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Pendekatan Pembelajaran dan Teknik Penilaian Kelas Terhadap Kemampuan Penalaran dan Representasi Matematika Siswa Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Kabupaten Pandeglang Banten / Fitri Hilmiyati

No image available for this title
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan teknik penilaian kelas terhadap kemampuan penalaran dan representasi matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan studi eksperimental yang dilakukan di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Cening dan Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Pandeglang 2 Labuan, Pandeglang. Berdasarkan analisis data dari penelitian yang telah dilakukan, kesimpulan yang dapat ditarik adalah 1) Kemampuan penalaran matematika siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. 2) Kemampuan representasi matematika siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih rendah daripada siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. 3) Kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi teknik penilaian kelas SGTQ lebih tinggi daripada siswa yang diberi teknik penilaian kelas AC. 4) Kemampuan representasi matematika siswa yang diberi teknik penilaian kelas SGTQ lebih tinggi daripada siswa yang diberi teknik penilaian kelas AC. 5) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan teknik penilaian kelas terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. 6) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan teknik penilaian kelas terhadap kemampuan representasi matematika siswa. 7) Untuk siswa yang diberikan teknik penilaian kelas SGTQ, kemampuan penalaran matematika siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. 8) Untuk siswa yang diberikan teknik penilaian kelas SGTQ, kemampuan representasi matematika siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik lebih tinggi daripada siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori. 9) Untuk siswa yang diberikan teknik penilaian kelas AC, kemampuan penalaran matematika siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada siswa yang diajar melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik. 10) Untuk siswa yang diberikan teknik penilaian kelas AC, kemampuan representasi matematika siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori lebih tinggi daripada siswa menggunakan melalui pendekatan pembelajaran matematika realistik. 11) Untuk siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik, kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi teknik penilaian kelas SGTQ lebih tinggi daripada siswa yang diberi teknik penilaian kelas AC. 12) Untuk siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran matematika realistik, kemampuan representasi matematika siswa yang diberi teknik penilaian kelas SGTQ lebih tinggi daripada siswa yang diberi teknik penilaian kelas AC. 13) Untuk siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran ekspositori, kemampuan penalaran matematika siswa yang diberi teknik penilaian kelas AC lebih tinggi daripada siswa yang diberi teknik penilaian kelas SGTQ. 14) Untuk siswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran ekspositori, kemampuan representasi matematika siswa yang diberi teknik penilaian kelas AC lebih rendah daripada siswa yang diberi teknik penilaian kelas SGTQ.
Kata kunci: pendekatan pembelajaran, teknik penilaian kelas, kemampuan penalaran matematika, kemampuan representasi matematika
Availability
2025000994pdfPEP/sin FIT 2019Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PEP/sin FIT 2019

Publisher

Prodi Doktor Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

42 hlm. :ilus ;21 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PEP/sin

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.