Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika Dasar Mahasiswa FKIP Universitas Halu Oleo / Sitti Kasmiati

No image available for this title
Tujuan penelitian ini untuk mengkaji pengaruh strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar Fisika Dasar. Penelitian ini dilaksanakan pada Jurusan Pendidikan Fisika FKIP Universitas Halu Oleo mulai bulan April sampai Juni 2019. Metode penelitian ini adalah ekperimen semu dengan rancangan faktorial 2 x 2. Sampel penelitian terdiri dari 94 mahasiswa yang diambil secara Purposif random sampling.Data dianalisis menggunakan ANAVA dua jalur. Hasil penelitian menunjukkan pada α = 0.05: (1) hasil belajar Fisika Dasar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkuri lebih tinggi dibanding dengan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran langsung; (2) hasil belajar Fisika Dasar mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi dibanding dengan yang memiliki gaya belajar visual; (3) terdapat pengaruh interaksi antara strategi pembelajaran dan gaya belajar terhadap hasil belajar; (4) hasil belajar Fisika Dasar mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri lebih tinggi dibanding dengan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajarn langsung bagi mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik; (5) tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar mahasiswa yang diajar menggunakan strategi pembelajaran inkuiri dengan yang diajar menggunakan strategi pembelajaran langsung bagi mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual; (6) hasil belajar Fisika Dasar mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual bagi yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran inkuiri; (7) tidak ada perbedaan yang signifikan hasil belajar Fisika Dasar antara mahasiswa yang memiliki gaya belajar inkuiri dengan yang memiliki gaya belajar visual bagi mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran langsung.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Gaya Belajar, Hasil Belajar Fisika Mahasiswa
Availability
2025001002pdfTP/sin SIT 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/sin SIT 2020

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

35 hlm. :ilus ;21 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

TP/sin

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.