Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Kemampuan Berfikir Kritis Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Industri Mahasiswa Pendidikan Sosiologi / Abdullah Muzakar

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh data hasil hasi belajar sosiologi industri mahasiswa
program studi pendidikan sosiologi Universitas Hamzanwadi Selong yang belajar menggunakan
strategi pembelajaran group investigation dan strategi pembelajaran direct instruction. Desain
penelitian ini menggunakan desain treatment by level 2 x 2. Dalam desain tersebut variabel bebas
terdiri dari strategi pembelajaran group investigation dan strategi pembelajaran direct instruction
(A). Variabel bebas atribut diklasifikasikan menjadi 2 yaitu yaitu berfikir kritis tinggi dan berfikir
kritis rendah (B).Untuk menguji hipotesis penelitian digunakan statistik inferensial yaitu analisis
varians (ANAVA) dua jalur 2 x 2 dan dilanjutkan uji t Dunnet. Berdasarkan hasil penelitian,
dapat ditarik kesimpulan: 1). Hasil belajar sosiologi industri mahasiswa yang dibelajarkan
menggunakan strategi pembelajaran group investigation lebih tinggi dibanding dengan yang
dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran direct intruction. 2). Terdapat pengaruh interaksi
antara strategi pembelajaran dengan kemampuan berfikir kritis terhadap hasil belajar sosiologi
industri. Interaksi dalam hal ini juga dapat diartikan sebagai pengaruh strategi pembelajaran
terhadap hasil belajar sosiologi industri yang bergantung pada kemampuan berfikir kritis. 3). Hasil
belajar sosiologi industri mahasiswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis tinggi yang
dibelajarkan dengan menggunakan strategi pembelajaran group investigation lebih besar
dibandingkan dengan yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran direct instruction. 4).
Hasil belajar sosiologi industri mahasiswa yang memiliki kemampuan berfikir kritis rendah dan
dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran group investigation tidak berbeda secara
signifikan dari mahasiswa yang dibelajarkan menggunakan strategi pembelajaran direct
instruction.
Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Berfikir kritis, Hasil Belajar, Sosiologi Industri
Availability
2025001003pdfTP/sin ABD 2020Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/sin ABD 2020

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

37 hlm. :ilus ;21 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

TP/sin

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.