Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Merancang dan Melaksanakan Pembelajaran dengan Menerapkan Strategi Kooperatif di SMP Negeri 8 Bogor/ Triasianingrum Afrikani

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan strategi kooperatif teknik STAD di SMP Negeri 8 Bogor. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian tindakan (Action Research) menggunakan pendekatan workshop dan model yang dipilih dalam penelitian tindakan ini adalah model siklus Lewin’s yang mempunyai pandangan bahwa penelitian tindakan digambarkan sebagai suatu siklus spiral dan meliputi tahap-tahap : (a) perencanaan (plan), (b) tindakan (act), (c) observasi , dan (d) refleksi serta perencanaan revisi tindakan pada siklus ulang jika masih diperlukan untuk perbaikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa melalui pelatihan dan pendampingan penerapan strategi pembelajaran kooperatif teknik STAD terbukti memberi kontribusi pada siklus ke dua dan siklus ke tiga yaitu 1) Meningkatan kemampuan guru dalam merancang Rencana Pelaksanaan Pembelajaran; 2) Meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran pada kegiatan pendahuluan, kegiatan inti (Eksplorasi, Elaborasi, Konfirmasi) dan kegiatan penutup. Hasil wawancara dengan guru setelah siklus ke dua sebesar 80%, dan setelah siklus ke tiga sebesar 100% dari sepuluh guru yang tertarik menerapkan strategi pembelajaran kooperatif teknik STAD. Hasil wawancara dengan siswa setelah siklus ke dua sebesar 80% dan setelah siklus ke tiga sebesar 90% dari 40 siswa yang cepat memahami materi pembelajaran dengan teknik STAD. Hal ini terbukti meningkatnya kemampuan guru berdasarkan kriteria keberhasilan sudah di atas standar, maka peningkatan kemampuan guru dianggap berhasil.
Kata kunci: Kooperatif, Strategi, STAD
Availability
2025001035pdfTP/sin TRI 2019Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/sin TRI 2019

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

35 hlm. :ilus ;21 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

TP/sin

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.