Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Moddel Pelatihan Active-Empathic Listening (AEL) Berbasis Active Deep Learning Experience (ADLE) untuk Guru Sekolah Dasar/ HIZNU SOBAR

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengembangkan model pelatihan AEL untuk
Guru SD; 2) Menganalisis kelayakan model pelatihan AEL; dan 3) Menganalisis
efektivitas model pelatihan AEL. Model pelatihan yang dikembangkan berbasis ADLE
(Active Deep Learning Experience). Penelitian ini merupakan penelitian dan
pengembangan (RnD) dengan pendekatan metode penelitian dan pengembangan model
desain instruksional Dick and Carey yang dilakukan di SDIT Citra Az Zahra, Jakarta
Barat pada Tahun 2024.
Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, angket, pre-test dan post-test,
dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji kelayakan, uji normalitas (uji
Wilcoxon), dan uji efektivitas (N-Gain). Produk kemudian divalidasi berdasarkan
tahapan: 1) Experts Review, 2) One-to-one Evaluation, 3) Small Group Evaluation dan
4) Field Trial. Hasil uji kelayakan model memenuhi syarat kelayakan dan kepraktisan.
Berdasarkan hasil uji kelayakan expert review didapatkan hasil rerata skor 86,5. Pada
nilai rerata evalusi kelas dari one-to-one sebesar 98,2, small group 73,6, dan field trial
67,11 serta didapati hasil uji efektivitas dengan skor 0.849 atau 84.98 %.
Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Pengembangan Model
Pelatihan Active Empathic Listening (AEL) berbasis Active Deep Learning Experience
(ADLE) untuk Guru SD terbukti dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru
SD dalam berkomunikasi terutama mendengarkan aktif dan empatik. Hasil penelitian ini
memberikan rekomendasi untuk penelitian AEL selanjutnya pada subjek penelitian yang
lebih luas seperti orang tua siswa SD. Disarankan juga agar AEL menjadi materi pokok
bagi pelatihan guru untuk meningkatkan keterampilan guru di sekolah.
Kata Kunci: Active Empathic Listening (AEL), Active Learning, Deep Learning,
Pembelajaran Experiensial.
Availability
D1409PD/ds D1409Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PD/ds D1409

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Dasar Pascasarjana UNJ : Sekolah Pascasarjana UNJ.,

Collation

xix, 288 hlm. :ilus ;29,5 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PD/ds

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cet. 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.