Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Evaluasi Implementasi Program PenjaminanMutu pada Program Studi Keperawatan Kotabumi Politeknik Kesehatan Tanjungkarang Provinsi Lampung/A. Iskandar Hajar

No image available for this title
Pendahuluan. Penjaminan mutu pendidikan tinggi adalah proses penetapan dan pemenuhan
standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan, sehingga
stakeholders memperoleh kepuasan. Evaluasi program digunakan untuk mengetahui
pencapaian tujuan program yang telah dilaksanakan. Tujuan artikel ini adalah untuk
mengevaluasi implementasi penjaminan mutu yang meliputi konteks, input, proses dan
produk.
Materi dan Metode. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode
penelitian evaluasi menggunakan model context, input, proses dan produk.
Hasil. Kompenen konteks meliputi Program Penjaminan Mutu yang mencakup visi, misi
dan tujuan, renstra dan tri dharma perguruan tinggi. Komponen input meliputi perencanaan
program penjaminan mutu yang mencakup kurikulum, pembiayaan, sarana dan prasarana,
tenaga pendidik dan kependidikan, mahasiswa dan kalender pendidikan. Komponen proses
meliputi pelaksanaan penerapan program penjaminan mutu yang mencakup program tri
dharma perguruan tinggi, proses belajar mengajar dan penilaian. Komponen hasil meliputi
pencapaian penerapan program penjaminan mutu yang mencakup kepuasan mahasiswa,
prestasi mahasiswa dan prestasi dalam menerapkan standar pelayanan minimal perguruan
tinggi.
Diskusi dan Kesimpulan. 1) Evaluasi program dalam komponen konteks bahwa Standar
Pelayanan Minimum (SPM) merupakan spesifikasi teknis tentang tolak ukur dan acuan
dalam pelayanan minimal, persiapan pelaksanaan penjaminan mutu mendapat dukungan
dari semua jajaran ,visi, misi dan tujuan institusi dipahami oleh setiap personil. 2) Evaluasi
Program dalam komponen input,Program Studi Keperawatan Kotabumi melaksanakan dua
kurikulum yaitu kurikulum kurikulum tahun 2011 dan tahun 2014, 3) Evaluasi program
dalam komponen proses, meliputi pelaksanaan kurikulum, struktur kurikulum mencakup
komponen utama dan komponen pendukung yang mencakup berbagai kajian ilmiah yang
mendukung pengembangan atau tercapainya tujuan pendidikan yang tergamba dalam
Renstra Program Studi. 4) Evaluasi program dalam kompunen produk bahwa kepuasan
mahasiswa dalam menempuh studi dilihat dari Indeks Prestasi Kumulatif (IPK), untuk lama
studi program D3 rata-rata lama studi 3 tahun, pelaksanaan Program Penjaminan Mutu
sudah berjalan cukup memadai, organisasi yang menangani tentang penjaminan mutu yang
diberi nama Unit Penjaminan Mutu Program Studi.
Kata kunci: evaluasi program, penjaminan mutu, pendidikan tinggi, standar pelayanan,
standar pelayanan
Availability
2025000063AISMP/sinPerpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

MP/sin

Publisher

Prodi Doktor Manajemen Pendidikan Pascasarjana UNJ : Pascasarjana UNJ.,

Collation

36 hlm. :ilus ;21 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

MP/sin

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.