Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Pembelajaran Bermakna Berbasis Mobile Learning Mata Pelajaran PPKn Tingkat SMA/NITA LESTARI

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, menganalisis kelayakan dan efektivitas dari
model pembelajaran bermakna berbasis mobile learning pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan (PPKn) di tingkat SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and
Development (R&D) dengan kombinasi model Dick, Carey & Carey, model Borg & Gall dan model
Hannafin & Peck. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran bermakna berbasis
mobile learning yang dikembangkan layak digunakan berdasarkan validasi dari ahli materi, media,
dan desain pembelajaran. Dari hasil field trial, diketahui skor pretest sebesar 64.12 dan skor posttest
sebesar 85.55, menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 21.42 dengan ngain sebesar
0.60 (60%), termasuk ke dalam kategori cukup efektif. Selanjutnya, dari hasil uji paired sample t-test
diperoleh nilai thitung sebesar 11.360 dan ttabel sebesar 1.694, berarti thitung > ttabel, temuan
penelitian mengindikasikan bahwa pembelajaran PPKn yang difasilitasi model pembelajaran
bermakna berbasis mobile learning dapat meningkatkan hasil belajar secara signifikan.
Kata Kunci: Pengembangan Model, Pembelajaran Bermakna, Pendidikan Pancasila dan
Kewarganegaraan, Mobile learning
Availability
D1452TP/ds D1452Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

TP/ds D1452

Publisher

Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ : Sekolah Pascasarjana UNJ.,

Collation

xx, 522 hlm. :ilus ;29,5 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

TP/ds

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cet.1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.