Pengembangan Model Pembelajran Intensive Writing Berbasis Flipped Classroom dan Collaborative Llearning/NUGROHO
Penelitian ini didasarkan pada kebutuhan hasil belajar mata kuliah Intensive Writing
yang belum maksimal. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan, menguji
kelayakan, dan menganalisis efektivitas sebuah model pembelajaran;
pengembangan model pembelajaran Intensive Writing berbasis Flipped Classroom
dan Collaborative Learning. Metode yang digunakan adalah riset dan
pengembangan dengan desain gabungan Borg & Gall, Dick & Carey, dan 4D
Thiagarajan. Sedangkan Teknik pengambilan data melalui observasi, wawancara,
kuesioner, dokumentasi, dan tes. Dari penelitian dan pengembangan ini diperoleh
3 luaran yaitu model konseptual, model procedural, dan model fisikal. Penilaian
kelayakan oleh pakar terhadap materi, desain, dan media pembelajaran
menunjukkan hasil yang sangat baik, dengan rata-rata nilai masing-masing 4,69,
4,84, dan 4,65. Hal ini mengindikasikan bahwa semua aspek pembelajaran
memenuhi standar kualitas tinggi dan layak digunakan dalam pendidikan. Evaluasi
dari mahasiswa melalui tahap One to One, Kelompok Kecil, dan Uji Lapangan juga
menunjukkan hasil yang konsisten, dengan nilai rata-rata berturut-turut 81,25,
84,15, dan 81,73, yang semuanya berada dalam kategori Layak hingga Sangat
Layak. Uji efektivitas model pembelajaran menggunakan uji t dan N-Gain
menunjukkan peningkatan signifikan antara nilai Pre-Test dan Post-Test, dengan
rata-rata selisih 16,200. Hasil uji t (t = 27,642, p < 0,05) menegaskan bahwa
peningkatan ini bukanlah kebetulan, melainkan efek nyata dari intervensi
pembelajaran. Analisis N-Gain menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar
65,85%, dengan rentang mulai dari 21,05% hingga 100%, mengindikasikan variasi
tingkat keberhasilan antar peserta. Secara keseluruhan, model pembelajaran
Intensive Writing berbasis Flipped Classroom dan Collaborative Learning terbukti
layak dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik.
Kata kunci: Penelitian dan Pengembangan, Dick, Carey, & Carey, 4D
Thiagarajan, Intensive Writing, Flipped Classroom, Collaborative learnin
D1457 | TP/ds D1457 | Perpustakaan Pascasarjana UNJ | Available |
Publisher
Prodi Doktor Teknologi Pendidikan Pascasarjana UNJ :
Sekolah Pascasarjana UNJ.,
2025
Collation
xxii, 205+...hlm :ilus ;30 cm
Statement of Responsibility
-
No other version available