Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengaruh Metode Pembelajaran dan Koordinasi Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Jump Serve Bola Voli pada Mahasiswa Penjas FKIP UNSAP/ DEDE NURODIN

No image available for this title
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara metode
pembelajaran bagian (Al), metode pembelajaran keseluruhan (A2) dan metode
pembelajaran gabungan (A3) dengan melibatkan variabel moderator Koordinasi
(B) dalam meningkatkan ketergantungan Variabel yaitu hasil belajar keterampilan
jump serve (Y). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen faktorial 3 x 2
dengan populasi yang dijadikan target penelitian adalah seluruh Mahasiswa
PENJAS FKIP UNSAP yang belum menempuh Mata Kuliah bola voli.
Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan memilih 27
% dari jumlah data skor tertinggi dan 27% skor terendah mengacu pada teori
Verducci. Hasil Belajar Keterampilan jump serve diukur menggunakan tes servis.
Koordinasi diukur menggunakan tes Koordinasi Mata tangan. Hasil penelitian: (1)
Terdapat perbedaan pengaruh yang signifikan dari ketiga metode pembelajaran
dimana metode pembelajaran gabungan lebih efektif dari metode pembelajaran
bagian dan metode pembelajaran keseluruhan, adapun metode pembelajaran bagian
lebih efektif dari metode pembelajaran keseluruhan. (2) Terdapat interaksi secara
langsung antara metode pembelajaran dan koordinasi terhadap hasil belajar
keterampilan jump serve bola voli Mahasiswa penjas FKIP UNSAP. (3) Terdapat
perbedaan pengaruh yang signifikan dari ketiga metode pembelajaran, dimana
metode pembelajaran gabungan lebih efektif dari metode pembelajaran bagian dan
metode pembelajaran keseluruhan baik itu untuk Mahasiswa dengan koordinasi
tinggi dan rendah, adapun metode pembelajaran bagian dan metode pembelajaran
keseluruhan memiliki perbedaan pengaruh untuk mahasiswa dengan koordinasi
rendah, untuk mahasiswa dengan koordinasi rendah metode pembelajaran bagian
lebih efektif dari metode pembelajaran keseluruhan.
Kata Kunci: Metode pembelajaran bagian, keseluruhan, gabungan, Koordinasi,
jump serve bola voli.

***
This study aims to determine the differences between the part learning
method (Al), the overall learning method (A2) and the combined learning method
(A3) by involving the moderator variable Coordination (B) in increasing the
dependency of the variable, namely the learning outcomes of jump serve skills (Y).
This study uses a 3 x 2 factorial experimental method with the target population of
the study being all PENJAS FKIP UNSAP students who have not taken the
Volleyball Course. Sampling using a purposive sampling technique by selecting
27% of the highest score data and 27% of the lowest scores referring to Verducci's
theory. Jump serve skill learning outcomes were measured using a service test.
Coordination was measured using an Eye-hand Coordination test. The results of the
study: (1) There is a significant difference in the influence of the three learning
methods where the combined learning method is more effective than the part
learning method and the overall learning method, while the part learning method is
more effective than the overall learning method. (2) There is a direct interaction
between learning methods and coordination on the learning outcomes of volleyball
jump serve skills of PENJAS FKIP UNSAP students. (3) There is a significant
difference in the influence of the three learning methods, where the combined
learning method is more effective than the part learning method and the overall
learning method for both students with high and low coordination, while the part
learning method and the overall learning method have different influences for
students with low coordination, for students with low coordination the part learning
method is more effective than the overall learning method.
Keywords: Part learning method, overall, combined, Coordination, volleyball jump
serve.
Availability
D1493PENJAS/ds D1493Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

PENJAS/ds D1493

Publisher

Prodi Doktor Pendidikan Jasmani Pascasarjana UNJ : Sekolah Pascasarjana UNJ.,

Collation

xviii, 269 hlm. :ilus ;29,5 cm

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

PENJAS/ds

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cet.1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.