Perpustakaan Sekolah Pascasarjana UNJ
Universitas Negeri Jakarta

Pengembangan Model Bahan Ajar Digital Basic Writing Berbasis Multiple Intelligence Teaching Approach (MITA) (Penelitian Pengembangan di Universitas Indraprasta PGRI)/Mut'thia Mubasyira

No image available for this title
Penelitian ini memiliki tujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa bahan ajar digital berbasis multiple intelligences teaching approach yang dapat memberikan manfaat pada pendidikan bahasa Inggris khususnya untuk matakuliah basic writing. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode gabungan atau mixed methods. Penelitian ini merupakan penelitian research and development yang menggunakan model Borg and Gall yang terdiri dari beberapa tahapan penelitian. Ada lima tujuan penelitian yang dikemukakan, yaitu analisis kondisi bahan ajar yang sekarang dipakai, analisis kebutuhan, rancangan, kelayakan, dan uji efektivitas model pengembangan bahan ajar basic writing digital berbasis pendekatan pengajaran multiple intelligences. Penelitian ini dilakukan pada Universitas Indraprasta PGRI khususnya pada Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris strata satu. Hasil temuan penelitian ini disesuaikan dengan tujuan penelitian yang telah disusun, dimana analisis kondisi bahan ajar sekarang dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan mengukur pengaruh penggunaan bahan ajar sekarang terhadap hasil belajar MK Basic Writing. Sedangkan analisis kebutuhan dilakukan dengan menggunakan model Grave yang diaplikasikan pada uji instrumen analisis kebutuhan terlebih dahulu melalui validasi teoritis, validasi empiris dan uji reliabilitas. Setelah mendapatkan instrumen yang valid dan reliable, selanjutnya dilakukan pengambilan data analisis kebutuhan yang sebenarnya. Kemudian rancangan model pengembangan bahan ajar ini mengadopsi model Jensen dengan menggunakan pendekatan pengajaran multiple intelligences. Lalu, kelayakan bahan ajar yang dikembangkan dilakukan oleh pakar media dan materi, mahasiswa melalui uji coba skala kecil, terbatas dan besar, dan penilaian persepsi teman sejawat. Selanjutnya, uji efektivitas bahan ajar dilaksanakan melalui pre-test and post-test with control group design. Luaran penelitian ini adalah jurnal internasional bereputasi tinggi scopus Q3, bahan ajar digital basic writing berbasis pendekatan pengajaran multiple intelligent berupa aplikasi bernama WriteMI, poster, buku panduan penggunaan aplikasi WriteMI untuk dosen dan mahasiswa yang di-HKI kan. Kata Kunci: Bahan ajar, Digital, Basic writing, Multiple intelligences teaching approach.
Availability
2025000221mutLT/sin MUT 2025Perpustakaan Pascasarjana UNJAvailable
Detail Information
Series Title

-

Call Number

LT/sin MUT 2025

Publisher

Prodi Doktor Linguistik Terapan Pascasarjana UNJ : Jakarta.,

Collation

83 hlm. ; ilus. ; 21 cm.

Language

Indonesia

ISBN/ISSN

-

Classification

NONE

Detail Information
Content Type

-

Media Type

-

Carrier Type

-

Edition

Cetakan Ke- 1

Subject(s)

-

Specific Detail Info

-

Statement of Responsibility
No other version available

Select Language

Advanced Search

License

This software and this template are released Under GNU GPL License Version 3.